GAYA HIDUP MAHASISWA DI KOST EKSKLUSIF PAR N PAR (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF TERHADAP EMPAT MAHASISWA PENGHUNI KOST EKSKLUSIF PAR N PAR YOGYAKARTA)

Assadel, Rayfigo Javi (2024) GAYA HIDUP MAHASISWA DI KOST EKSKLUSIF PAR N PAR (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF TERHADAP EMPAT MAHASISWA PENGHUNI KOST EKSKLUSIF PAR N PAR YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Rayfigo Javi Assadel)
191007135_Bab 0.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191007135_Bab 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
191007135_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
191007135_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
191007135_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa biasanya cenderung memilih kost tidak eksklusif karena mereka lebih mementingkan harga yang murah dan tidak terlalu memperhatikan kenyamanan. Namun ternyata cukup banyak mahasiswa yang tetap memilih untuk tinggal di kost eksklusif, yang mana memiliki harga lebih tinggi dari kost yang tidak eksklusif. Alasan mereka bermacam-macam, salah satunya adalah agar sesuai dengan gaya hidup yang sudah mereka jalani. Untuk itu penulis melakukan penelitian dengan judul Gaya Hidup Mahasiswa di Kost Eksklusif Par N Par (Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap 4 Mahasiswa Penghuni Kost Eksklusif Par N Par Yogyakarta). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya hidup mahasiswa di kost eksklusif Par N Par Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang bersumber dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep gaya hidup utilitarian dari Hirschman dan Holbrook, serta konsep gaya hidup hedonisme dari David Chaney. Pemilihan empat informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa di kost eksklusif Par N Par Yogyakarta memiliki gaya hidup yang lebih mementingkan merek saat membeli sesuatu, suka nongkrong dan menghabiskan waktu di luar, rutin pergi ke klub malam, serta sering kekurangan uang saku/gaji. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan menunjukkan mahasiswa cenderung memiliki gaya hidup hedonis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup, mahasiswa, kost eksklusif
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Sep 2024 16:02
Last Modified: 23 Sep 2024 16:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32455

Actions (login required)

View Item View Item