HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI MATERIALISTIS DAN PERILAKU KONSUMSI ONLINE YANG MENCOLOK: PERAN MEDIASI PERILAKU NARSISTIK DI INSTAGRAM

Yermia, Andrea Angelina Wahyu (2024) HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI MATERIALISTIS DAN PERILAKU KONSUMSI ONLINE YANG MENCOLOK: PERAN MEDIASI PERILAKU NARSISTIK DI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Andrea Angelina Wahyu Yermia)
200325672_Bab 0.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325672_Bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325672_Bab 2.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
200325672_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
200325672_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
200325672_Bab 5.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari orientasi materialistis terhadap perilaku konsumsi online yang mencolok dan melihat peran dari mediasi perilaku narsistik di Instagram. Objek dalam penelitian ini adalah Instagram dengan total responden sebanyak 160 responden, namun hanya 147 responden yang memenuhi kriteria dan menjadi sumber data untuk penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan skala Likert 7 poin, yang disebarkan secara online dalam bentuk kuesioner online menggunakan Google Forms. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dalam menganalisis data berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS. Berdasarkan penelitian ini didapati yang pertama, bahwa orientasi materialistis memiliki pengaruh yang positif terhadap perilaku konsumsi online yang mencolok dan terhadap perilaku narsistik di Instagram. Kedua didapati bahwa perilaku narsistik berpengaruh positif terhadap perilaku konsumsi online yang mencolok di Instagram. Dan yang terakhir mengkonfirmasi bahwa perilaku narsistik berperan dalam memediasi hubungan positif antara orientasi materialistis dan perilaku konsumsi online yang mencolok di Instagram. Dari hasil penelitian ini dapat menjadi literatur dalam memahami dinamika perilaku konsumen di era digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Materialistis, Perilaku Konsumsi Online yang Mencolok, Perilaku Narsistik
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Oct 2024 20:31
Last Modified: 14 Oct 2024 20:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32602

Actions (login required)

View Item View Item