Silalahi, Heru Suprya Martin (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME MOBILE LEGENDS BANG BANG MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Heru Suprya Martin Silalahi)
191710280_Bab 0.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
191710280_Bab 1.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
191710280_Bab 2.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text
191710280_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
Text
191710280_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
||
|
Text
191710280_Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mobile Legends Bang Bang adalah salah satu game online berbasis MOBA yang dirilis oleh Moonton pada bulan Juli 2016. Sejak itu, Mobile Legends Bang Bang telah mencapai 1 miliar kali unduhan dan mencapai pemain bulanan sebanyak 100 juta. Hal tersebut menunjukkan bahwa Mobile Legends Bang Bang memiliki daya tarik yang dapat memikat para pemainnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kualitas dari game Mobile Legends Bang Bang dengan fokus kepada pengalaman bermain atau user experience pengguna. Game Experience Questionnaire yang telah didesain khusus untuk mengukur pengalaman pemain dalam bermain game adalah metode yang digunakan pada penelitian ini. Teknik purposive sampling ialah pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner secara online, sehingga didapatkan total responden sebanyak 130 responden di seluruh Indonesia. Hasil dari penelitian ini ialah dalam bentuk identifikasi pengalaman pengguna selama bermain game Mobile Legends Bang Bang berdasarkan 14 komponen di dalam Game Experience Quetionnaire. Berdasarkan dari hasil pengolahan data komponen yang mendapatkan nilai tertinggi ialah komponen immersion, flow, competence, positive affect, empathy, negative feelings, behavioral involvement, positive experience, dan tiredness. Faktor atau komponen yang paling mempengaruhi pengalaman pengguna dalam bermain game Mobile Legends Bang Bang adalah komponen immersion, flow, competence, positive affect, empathy, negative feelings, behavioral involvement, positive experience, dan tiredness.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Experience Questionnaire, User Experience, Mobile Legends Bang Bang. |
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 16:50 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 16:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32654 |
Actions (login required)
View Item |