PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN DI RUMAH MAKAN SUMATRA

Evan, . (2024) PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN DI RUMAH MAKAN SUMATRA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Evan)
200610759_Bab 0.pdf

Download (280kB)
[img] Text
200610759_bab 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
200610759_bab 2.pdf

Download (502kB)
[img] Text
200610759_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
200610759_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
200610759_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
200610759_bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
200610759_bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
200610759_bab 8.pdf

Download (299kB)

Abstract

Rumah Makan Sumatra merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak pada bidang restoran Chinese Food yang berdiri sejak tahun 1955 di Kota Bandar Lampung. Analisis dan diskusi lebih lanjut dengan Pemilik dan Wakil Pemilik Rumah Makan Sumatra memutuskan bahwa permasalahan paling mendesak untuk diselesaikan yaitu penurunan penjualan Rumah Makan Sumatra, dimana penjualan mingguan mengalami penurunan sebesar 32% dari awal tahun 2024. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan penjualan mingguan Rumah Makan Sumatra sebesar 15% dibandingkan penjualan minggu ke-22. Penelusuran menggunakan Fishbone Diagram dan Interrelationship Diagram menghasilkan akar masalah yang akan diselesaikan yaitu tidak ada SOP yang terstruktur dan perlu strategi pemasaran efektif untuk Rumah Makan Sumatra. Perancangan solusi yang diusulkan yaitu perancangan SOP dan metode pemasaran efektif menggunakan strategi Marketing Mix 4P, dilanjutkan dengan metode analisis Internal dan External Factor Evaluation SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi yang sesuai diterapkan pada Rumah Makan Sumatra yaitu Growth Oriented (Strength-Opportunity). Implementasi perancangan strategi peningkatan penjualan Rumah Makan Sumatra dilakukan dengan merancang SOP, merancang menu makanan, memperbaiki etalase aplikasi pesan antar makanan, serta membuat konten dan promosi Rumah Makan Sumatra di media sosial Instagram. Hasil penjualan rata- rata selama periode implementasi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 36% dibandingkan dengan penjualan pada minggu ke-22, dan meningkat sebesar 10% dibandingkan rata-rata penjualan minggu ke-1 sampai ke-22, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil perancangan dan implementasi strategi peningkatan penjualan dapat menyelesaikan permasalahan dan mencapai Critical Success Factor (CSF).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan penjualan, SOP, marketing mix 4P, SWOT
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Dec 2024 12:14
Last Modified: 20 Dec 2024 12:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33271

Actions (login required)

View Item View Item