LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN TAMAN PINTAR DI KOTA SOLO BERDASARKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA

Triadinda, Oktavia Ayu (2013) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN TAMAN PINTAR DI KOTA SOLO BERDASARKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA13105.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA13105.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TA13105.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TA13105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (Bab IV)
4TA13105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (Bab V)
5TA13105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TA13105.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Di Kota Solo, perkembangan pendidikan sedang maju. Dari tahun ke tahun perkembangan pendidikan yang ada di Kota Solo semakin membaik dan ilmu ataupun wawasan sangat diperlukan. Dengan adanya perkembangan pendidikan yang terbilang maju, Taman Pintar digunakan untuk dapat menambah wawasan dalam belajar dan bermain. Bangunan Taman Pintar ini juga dapat dijadikan tempat edukasi bagi semua kalangan, dari anak usia dini sampai dengan orang dewasa. Selain itu, pembelajaran melalui cara interaktif dan menghibur adalah salah satu cara untuk menyampaikan ilmu pengetahuan pada anak-anak yang cukup diminati Konsep rancangan yang diterapkan adalah Arsitektur Metafora, yaitu sebuah gaya bahasa arsitektur yang membawa, memindahkan, dan menerjemahkan kiasan suatu obyek ke dalam bentuk bangunan (ruang tiga dimensi). Dengan mengadopsi bentuk-bentuk rubik yang di transformasikan kedalam bentuk bangunan yang bertujuan untuk membangun rasa keuletan dan kecepatan yang ada pada sifat rubik tersebut. Proyek Taman Pintar di Kota Solo ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Solo untuk bisa belajar sambil bermain dan menyenangkan.. Untuk konsep dan metode yang dipakai pada rancangan ini nantinya adalah Tangible methaphors oleh karena itu didalam perancangannya lebih di tekankan pada suatu bentuk permainan yang sangat terkenal, yaitu bentuk-bentuk rubik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Wawasan, Edukasi, Interaktif, Arsitektur Metafora, Tangible methaphors
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jul 2013 07:54
Last Modified: 29 Jul 2013 07:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item