Pebrita, Amelina (2024) PENETAPAN TARIF JALAN TOL BERDASARKAN PENDEKATAN ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) (STUDI KASUS : RENCANA JALAN TOL SOLO – YOGYAKARTA). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Amelina Pebrita)
205103364_Bab 0.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
205103364_Bab 1.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
205103364_Bab 2.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
205103364_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
![]() |
Text
205103364_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
205103364_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
![]() |
Text
205103364_Bab 6.pdf Download (893kB) |
Abstract
Tol solo - Yogyakarta - Yogyakarta International Airport (YIA) adalah bagian dari proyek strategis nasional (PSN). Tol solo - Yogyakarta - YIA memiliki total panjang 96,57 km. Tol Solo – Yogyakarta apabila sudah beroperasi diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah segitiga emas yaitu Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tol Solo – Yogyakarta (rute Kartasura – Gamping sejauh 65,82 km). Transportasi yang menghubungkan Solo – Yogyakarta - YIA saat ini berupa kereta api, bus, shuttle dll. Tol ini berada dalam 2 provinsi yaitu provinsi Jawa Tengah dan provinsi DIY yang dimana 2 provinsi ini mempunyai UMR yang rendah oleh karena itu untuk melihat kemampuan dan kemauan membayar digunakan analisis untuk mengetahui tingkat kemampuan membayar dan tingkat kemauan membayar masyarakat. Dalam mengetahui tingkat kemampuan membayar dan kemauan membayar masyarakat dilakukan analisis berupa analisis ability to pay untuk mengetahui tingkat kemampuan membayar, analisis willingness to pay untuk mengetahu kemauan membayar. Metode Pengumpulan data ini menggunakan cara survey kepada masyarakat dengan cara pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, Pengukuran Ability To Pay (ATP) menggunakan metode household budget dan Willingness To Pay (WTP) menggunakan metode state preference. Didapatkan hasil penelitian yang disebarkan kepada 209 responden yang dibagi menjadi beberapa golongan kendaraan yaitu gol I, golongan II-III, dan golongan IV- V, dimana untuk analisis ability to pay golongan I didapatkan hasil sebesar Rp 165.802, golongan II-III sebesar Rp 228.411, dan golongan IV-V sebesar Rp 243.831, kemudian untuk analisis willingness to pay untuk golongan I sebesar Rp 85.057, golongan II-III sebesar Rp 108.650, dan golongan IV-V sebesar Rp 160.455.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan tol, ability to pay, willingness to pay. |
Subjects: | Magister Teknik Sipil > Transportasi |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 10:55 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 10:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |