PERENCANAAN JALUR KERETA API BANJAR-CIJULANG

Kalegotana, Elsandro Cervin Rina and Kastanja, Nilce Ardina (2024) PERENCANAAN JALUR KERETA API BANJAR-CIJULANG. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Maria Regina Vebriana Tridevi Sukmasari dan Fathur Elshaddai Ginting)
210218669_Bab 0.pdf

Download (982kB)
[img] Text
210218669_Bab 1.pdf

Download (351kB)
[img] Text
210218669_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
210218669_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Perancangan jalur rel kereta api merupakan salah satu bentuk infrastruktur transportasi yang sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antar daerah. Jalur rel yang direncanakan menghubungkan Banjar dan Cijulang di Provinsi Jawa Barat. Proyek ini merupakan upaya pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan sistem transportasi yang lebih efisien, aman, dan ramah lingkungan serta dirancang sesuai ketentuan dan syarat-syarat yang berlaku di Indonesia mengenai Perkeretaapian. Perancangan ini memastikan bahwa jalur rel yang direncanakan dapat memenuhi standar keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi operasional. Selain itu, perancangan ini juga mencakup manajemen dan rekayasa konstruksi yang diperlukan untuk memastikan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar, tepat waktu, dan sesuai anggaran. Konsep yang digunakan yaitu studi litelatur dan pengisian kuisioner untuk menganalisis kelayakan perancangan secara teknis, sosial, dan finansial. Seluruh trase ini hampir sepenuhnya melewati pemukiman warga dan lahan pertanian, sehingga perlu mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dalam proses perencanaannya. Setelah dipertimbangkan aspek dari ketiga alternatif didapatkan pada trase ketiga yang menjadi trase yang akan dilakukan pekerjaan pembangunan Jalur Kereta Api Banjar-Cijulang. Pembangunan rel kereta api Banjar-Cijulang terdapat pekerjaan jalan rel, pekerjaan bangunan, dan pekerjaan tak terduga. Estimasi pekerjaan selama 3 tahun 9 bulan hingga biaya operasional prasarana dan sarana biaya pengeluaran sebesar Rp 944.441.497.954.391. Adapun dilakukan analisis kelayakan finansial dan ekonomi. Hasil analisis proyek cukup untuk mengembalikan modal yang diinvestasikan dan memberikan keuntungan tambahan yang menunjukkan proyek menguntungkan dan memberikan potensi pengembalian yang sesuai dengan risiko yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jalur rel, Kereta api, Investasi
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Apr 2025 12:46
Last Modified: 23 Apr 2025 12:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34003

Actions (login required)

View Item View Item