PENGARUH TERPAAN AKUN TIKTOK CLASH OF CHAMPIONS TERHADAP BRAND IMAGE RUANGGURU

Amandari, Ni Putu Frisca Sarastuti (2025) PENGARUH TERPAAN AKUN TIKTOK CLASH OF CHAMPIONS TERHADAP BRAND IMAGE RUANGGURU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Ni Putu Frisca Sarastuti Amandari)
210907516.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

1 Pengaruh Terpaan Akun TikTok Clash of Champions terhadap Brand Image Ruangguru Abstrak Sejak tahun 2021, Ruangguru diterpa oleh isu-isu negatif yang menyebabkan brand image yang dibangun menjadi menurun. Pada tahun 2024, Ruangguru meluncurkan program kompetisi belajar yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia dengan nama Clash of Champions. Ruangguru menggunakan beberapa media sosial dalam melakukan promosi program, salah satunya yaitu TikTok. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh terpaan konten-konten dari akun TikTok Clash of Champions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari terpaan akun TikTok Clash of Champions terhadap brand image perusahaan Ruangguru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form untuk menyebarkan pertanyaan kepada responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kultivasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari terpaan akun TikTok Clash of Champions terhadap brand image Ruangguru. Besar pengaruh yang dihasilkan yaitu sebesar 29,7% dan nilai korelasi r yaitu sebesar 0.545 yang masuk ke dalam korelasi kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan akun, Brand Image, Clash of Champions, Ruangguru.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 May 2025 12:05
Last Modified: 20 May 2025 12:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34076

Actions (login required)

View Item View Item