HUBUNGAN DIMENSI PENGETAHUAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN COUNTRY OF ORIGIN: KASUS PADA PRODUK KOMPUTER PRIBADI

Irawan, Yohanes Baptista (2009) HUBUNGAN DIMENSI PENGETAHUAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN COUNTRY OF ORIGIN: KASUS PADA PRODUK KOMPUTER PRIBADI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM14905.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM14905.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM14905.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM14905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM14905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM14905.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengidentifikasi penggunaan country of origin berdasarkan pada hubungan merek dengan negara asal produk, kemudian untuk menganalisis hubungan dimensi pengetahuan konsumen pada penggunaan country of origin berdasarkan pada familiaritas produk, serta untuk menganalisis hubungan dimensi pengetahuan konsumen pada penggunaan country of origin berdasarkan pada keterlibatan produk. Penelitian dilakukan terhadap 138 responden, dimana 66 responden adalah laki-laki dan 72 responden adalah perempuan. Metoda pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan kriteria setiap responden yang dipilih memiliki atau pernah menggunakan komputer pribadi. Data primer yang diperoleh kemudian diuji dengan analisis deskriptif untuk mengetahui perbandingan citra negara dan merek produsen komputer pribadi. Data juga diuji dengan analisis korelasi untuk mengetahui apakah dimensi pengetahuan responden pada merek dan dimensi pengetahuan responden pada negara asal (country of origin) memiliki hubungan, dengan berdasarkan pada derajat pengetahuan dan familiaritas merek. Dimensi pengetahuan responden mencakup penilaian pada keseluruhan kualitas, penerimaan sosial, dan nilai uang. Uji T dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata (mean) antara kelompok responden berpengalaman dengan kelompok responden tidak berpengalaman. ANOVA juga dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata hitung yang signifikan di antara kelompok responden berpengetahuan rendah, menengah, dan tinggi Hasil penelitian ini adalah menemukan ketika konsumen hanya memiliki petunjuk tentang nama merek yang tidak familiar, serta negara asal produk memiliki citra lemah, konsumen akan benar-benar mengandalkan country of origin sebagai petunjuk evaluasi. Petunjuk country of origin juga lebih kuat digunakan pada proses evaluasi oleh konsumen yang belum pernah mencoba merek tersebut. Kemudian, kelompok konsumen dengan derajat pengetahuan yang rendah terhadap suatu merek akan kuat menggunakan petunjuk country of origin dalam proses evaluasi produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: merek, country of origin (negara asal), dimensi pengetahuan
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Jul 2013 11:14
Last Modified: 31 Jul 2013 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item