PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KERAMIK SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN HOT ROLLED ASPHALT (HRA)

Djatikusumo, Benedictus Purnomo (2005) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KERAMIK SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN HOT ROLLED ASPHALT (HRA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS09003.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS09003.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS09003.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS09003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS09003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (Bab V)
5TS09003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS09003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KERAMIK SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN HOT ROLLED ASPHALT (HRA), Benedictus Purnomo D, No. Mhs : 9003, tahun 2005, PPS Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Hot Rolled Asphalt (HRA) adalah lapis permukaan jalan dengan agregat bergradasi timpang dan berkadar aspal tinggi, yang tersusun oleh agregat kasar, agregat halus, filler, dan aspal. Serbuk keramik merupakan filler yang digunakan untuk menambah kekakuan lapis perkerasan sehingga akin menamhah kemampuan lapis perkerasan dalam menerima beban lalu lintas. Dalam penelitian ini yang ditinjau adalab pengaruh penambahan serbuk keramik sebagai filler pada campuran Hot Rolled Asphalt (HRA) dengan menggunakan kreteria density, Void Filled With Asphalt (VFWA), Void In The Mix (VITM), stabilitas, flow, dan Marshall Quotient (QM). Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengujian Marshall pads, beberapa benda uji yang dibuat. Penambahan filler serbuk keramik dengan kadar variasi 0 %, 2 %, 3 %, 4 %, dan 5 % dari berat agregat dengan kadar aspal pads cam- puran sebesar 5,5 %, 6 %, 6,5 % dan 7 %. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2004 di T aboratorirrm Jalan Raya Fakultas Teknik Universitas Atma jaya Yogyakarta. Dan peninjauan terhadap semua kreteira disain Marshall diperoleh campuran yang memenuhi spesifikasi yaitu campuran benda uji pads variasi penambahan kadar filler 2 % dengan kadar aspal 6,5 % dan pads variasi penambahan kadar filler 3 %, 4 % dengan kadar aspal 7 %. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa. dengan bertambahnya kadar filler serhuk keramik pads variasi filler, nilai density dan Void Filled With Asphalt (VFWA) mengalami penurunan dan nilai Void In The Mix (VITM) mengalami peningkatan, sedangkan nilai stabilitas, flow, dan Marshall Quotient (QM) mengalami peningkatan dan penurunan yang tidak konstan akibat penambahan kadar filler serbuk keramik pads setiap variasi campurannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hot Rolled Asphalt (HRA), serbuk keramik, filler, density, Void Filled With Asphalt (VFWA), Void In The Mix (VITM), stabilitas, flow, dan Marshall Quotient (QM).
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Aug 2013 09:44
Last Modified: 26 Aug 2013 09:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item