PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

., Albert (2007) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF03942.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF03942.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF03942.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TF03942.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF03942.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TF03942.pdf

Download (831kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan beraneka ragam budaya, dan untuk menjaga kelestariannya, maka generasi muda harus ditanamkan rasa cinta dan rasa bangga memiliki budaya tersebut. Sebagaimana pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang", maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mengenalkan budaya-budaya tersebut pada generasi muda sedari dini. Dengan ditunjang era teknologi yang semakin maju dan berkembang saat ini, cara-cara penyampaian suatu materi semakin bermacam jenisnya dan semakin lama semakin menarik, sehingga agar generasi muda mau belajar akan budaya Indonesia yang sangat banyak jenisnya diperlukan suatu media yang tidak membosankan dalam menyampaikannya. Menilik kenyataan tersebut, penulis membangun suatu aplikasi pembelajaran kebudayaan yang berbasis multimedia, aplikasi tersebut diberi nama Ayo Belajar Budaya (ABK). Aplikasi ABK merupakan aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia, sehingga di dalamnya terdapat elemen-elemen multimedia, seperti suara, teks, gambar dan animasi. Untuk mewujudkan elemen-elemen tersebut menjadi satu dalam suatu aplikasi, maka penulis membangun dengan menggunakan Macromedia Flash 8 yang mempunyai bahasa pemrograman bernama Action Script. Di dalam aplikasi ABK terdapat 3 menu utama yaitu pembelajaran kebudayaan, game puzzle dan info. Pada menu belajar, pengguna dapat mengenal budaya-budaya propinsi di Indonesia, sedangkan pada menu game, pengguna dapat bermain puzzle gambar kebudayaan, dan pada menu info pengguna dapat melihat informasi aplikasi ABK. Aplikasi ABK ini telah berhasil dibangun oleh penulis dan telah diuji cobakan terhadap 30 siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Dari hasil uji coba ke 30 siswa tersebut, ABK mampu menambah semangat dalam belajar kebudayaan, karena siswa dapat berinteraksi secara langsung dan juga dapat mengurangi rasa bosan dari belajar, karena terdapat permainan puzzle yang dapat menghibur penggunanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : multimedia, budaya, pembelajaran.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Sep 2013 11:47
Last Modified: 09 Sep 2013 11:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item