Kunum, Parvatae Pungkal Nuas (2013) ANALISIS PERILAKU PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR SAAT MELINTASI TITIK KERAMAIAN. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS10165.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS10165.pdf Download (983kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS10165.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS10165.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS10165.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab V)
5TS10165.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS10165.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Keselamatan berkendara merupakan salah satu masalah yang selalu mendapatkan perhatian serius di setiap negara. Pencanangan Hari Keselamatan Dunia oleh WHO (World Health Organization) pada tahun 2004 merupakan bentuk perhatian khusus tentang masalah keselamatan transportasi jalan. Penyebab kecelakaan tertinggi diakibatkan oleh perilaku pengemudi kendaraan bermotor , selain itu penyebab lainnya adalah kendaraan, kondisi geometrik jalan dan faktor cuaca (www.wikipedia.org, diakses Mei 2013). Banyak hal telah diupayakan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, peraturan dan rambu – rambu diterapkan untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Pesan layanan masyarakat berupa iklan ataupun papan reklame juga menjadi media untuk menyampaikan pesan keselamatan dan kepatuhan berlalu lintas di jalan raya. Namun yang terjadi di jalan raya adalah masih ditemukan pengemudi kendaraan bermotor yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas dan cenderung membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain. Pada ruas Jalan Kaliurang, terdapat dua pasar yang lokasinya tepat berada di pinggir ruas jalan. Pasar yang pertama bernama pasar Kolombo yang berada di kilometer 6 dan pasar Gentan yang berada di kilometer 9,5. Kedua pasar ini merupakan pasar tradisional dengan tingkat aktifitas yang tinggi. Kegiatan di kedua pasar ini dimulai sejak dinihari hingga menjelang sore hari. Pada jam – jam sibuk, aktifitas pengguna jalan di ruas jalan Kaliurang yang melintasi area pasar sangat padat. Volume arus kendaraan yang melintas cukup tinggi berpadu dengan aktifitas keluar masuk pengungunjung pasar. Di lokasi inilah sering terlihat perilaku pengemudi yang melanggar peraturan dan cenderung membahayakan keselamatan pengemudi itu sendiri dan pengguna jalan lain. Pada penelitian yang berlangsung selama bulan April 2013 di kedua lokasi tersebut, ditemukan perilaku pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas dan membahayakan pengguna jalan lain dan pejalan kaki. Persentase terbesar dilakukan oleh pengemudi sepeda motor. Pengemudi kendaraan bermotor pun acap kali mengabaikan keberadaan pejalan kaki yang menyeberang jalan. Hal ini tentu bertentangan dengan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tentang kewajiban pengendara kendaraan bermotor untuk memprioritaskan pejalan kaki. Gangguan akan keselamatan lalu lintas di kedua lokasi tersebut selain karena perilaku pengemudi kendaraan bermotor, juga disebabkan oleh kondisi jalan, keberadaan rambu – rambu yang tidak layak, dan tidak ditemukannya marka zebra crossdi slah satu lokasi penelitian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku pengemudi kendaraan bermotor |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 11:21 |
Last Modified: | 19 Sep 2013 11:21 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3871 |
Actions (login required)
View Item |