ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR PASAR SEPINGGAN, KOTA BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR

CONTESA, EKASISCA (2013) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR PASAR SEPINGGAN, KOTA BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS13341.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS13341.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS13341.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS13341.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TS13341.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (Bab V)
5TS13341.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS13341.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pasar Sepinggan merupakan salah satu pusat keramaian di Kota Balipapan dimana terdapat tempat-tempat perbelanjaan yang menyediakan berbagai kebutuhan sandang, pangan, dan papan dengan harga yang lebih terjangkau dan disamping itu lokasi ini mudah di akses dari berbagai arah, terutama lokasinya yang dekat dengan jalan utama yaitu Jalan Marsma Iswahyudi. Dengan adanya jumlah pengunjung yang cukup banyak, maka seringkali ruang parkir tidak dapat menampung jumlah kendaraan yang masuk sehingga terjadi penumpukan pada beberapa sisi di ruang parkir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, indeks parkir, dan turn over parkir agar dapat mengetahui kapasitas ruang parkir yang tersedia. Penelitian ini dilakukan dengan cara survai lapangan, yaitu dengan melakukan pengukuran luas areal parkir dan mencatat plat nomor kendaraan yang masuk dan keluar (mobil dan sepeda motor). Survai dilaksanakan selama 3 hari, yaitu hari Sabtu, Minggu, dan Senin pada tanggal 4, 5, dan 6 Mei 2013 dengan membaginya menjadi 3 sesi pengamatan dengan masing-masing sesi terdiri dari 2 jam pengamatan. Data diambil mulai pukul 06.00 – 18.00 WITA. Berdasarkan analisis dengan menggunakan 3 alternatif diketahui pada alternatif 1 dibutuhkan adanya ruang parkir untuk 103 mobil dan 52 sepeda motor, alternatif 2 53 mobil dan 37 sepeda motor, pada alternatif 3 82 mobil dan 42 sepeda motor, dan luas yang tersedia hanya mampu menampung kendaraan sebanyak 90 mobil dan 34 sepeda motor. Nilai akumulasi maksimal untuk mobil 103 kendaraan dan sepeda motor 52 kendaraan, durasi parkir terbesar untuk mobil sebanyak 11 kendaraan atau 68,75% pada durasi 0-15 menit dan sepeda motor sebanyak 8 kendaraan atau 61,54% pada durasi 0-15 menit, volume parkir terbesar untuk mobil sebanyak 129 kendaraan dan sepeda motor 65 kendaraan, nilai tingkat turn over parkir terbesar untuk mobil adalah 1,43 kendaraan/petak parkir dan sepeda motor 1,90 kendaraan/petak parkir, indeks parkir untuk mobil sebesar 114,14% dan sepeda motor 152,05%. Dengan melakukan penataan ulang terhadap lahan parkir dan bahu jalan, pada alternatif 1 ruang parkir dapat menampung 104 mobil dan 81 sepeda motor, alternatif 2 dan alternatif 3 menampung 92 mobil dan 42 sepeda motor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, turn over parkir,indeks parkir, dan kapasitas parkir
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2013 09:20
Last Modified: 20 Sep 2013 09:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item