Anggoro, Wahyu (2013) MANAJEMEN ISU DI PT PERTAMINA PERSERO MARKETING OPERATION REGION II PALEMBANG (Studi Kasus Terkait Kelangkaan Bahan Bakar Minyak). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03723.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03723.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03723.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03723.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03723.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses manajemen isu yang dilakukan PT Pertamina Persero Marketing Operation Region II Palembang. Proses manajemen isu dalam menghadapi isu yang muncul dalam organisasi merupakan hal penting yang harus dilakukan demi mencapai tujuan dari visi, misi dan tata nilai yang dimiliki perusahaan. Proses manajemen isu yang dilakukan pihak manajemen turut melibatkan berbagai pihak yang ada dalam organisasi. Tindakan yang dilakukan tentunya mempertimbangkan berbagai faktor yang mampu mempengaruhi pihak manajemen dalam menentukan pengelolaan isu yang ada dalam perusahaan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen isu yang dilakukan PT Pertamina Persero Marketing Operation Region II Palembang dalam menhadapi isu yang muncul dalam perusahaan. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, konsep public relations, konsep isu, konsep manajemen isu serta faktor apa saja yang menjadi pertimbangan manajemen dalam mengelola isu.Konsep ini digunakan peneliti sebelum terjun kelapangan. Setelah terjun ke lapangan, penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara yang dilakukan terhadap lima nara sumber yang berasal dari tim manajemen isu PT Pertamina Persero Marketing Operation Region II Palembang dan satu nara sumber dari media cetak Seputar Indonesia. Dari hasil yang telah didapatkan penulis mencari kata kunci atas setiap penjelasan nara sumber dan dilakukan analisis dari hasil data yang telah berhasil ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan melakukan proses manajemen isu secara responsif. Kondisi politik yang menyatakan PT Pertamina merupakan perusahaan yang seluruh kepemilikannya dikuasai oleh pemerintah Indonesia merupakan salah satu faktor penyebab dari tindakan yang dilakukan manajemen dalam mengelola isu yang terjadi dalam organisasi.Dalam proses manajemen isu yang dilakukan perusahaan, public relations memiliki peranan dalam memberikan penjelasan terhadap lingkungan media atas kondisi yang terjadi dalam perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa peran public relations sebagai komunikator.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Isu, Manajemen Isu, Perusahaan |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Sep 2013 13:08 |
Last Modified: | 23 Sep 2013 13:08 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3915 |
Actions (login required)
View Item |