PENGEMBANGAN MODEL DISTRIBUSI LOGISTIK BENCANA MERAPI

Suryani, Christina (2013) PENGEMBANGAN MODEL DISTRIBUSI LOGISTIK BENCANA MERAPI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TI05777.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TI05777.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TI05777.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TI05777.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI05777.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (Bab V)
5TI05777.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (Bab VI)
6TI05777.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img]
Preview
Text (Bab VII)
7TI05777.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengembangkan penelitian Bintoro (2010), Hehanussa (2012), Sanjaya (2012) yang melakukan penelitian mengenai sistem kebencanaan Merapi. Penelitian ini pun mengembangkan penelitian berdasarkan metode yang telah dilakukan oleh Oktarina (2007), Iskandar (2010), Aman et al. (2012), Widyastiti et al. (2012). Penelitian ini bertujuan untuk meminimasi total rasio permintaan yang tidak terpenuhi pada lokasi demand selama waktu perencanaan. Penelitian ini mengembangkan model distribusi logistik bencana pada fase tanggap darurat dengan menggunakan Fleet Size and Mix Vehicle Routing Problem (FSMVRP) dengan teknik penyelesaian menggunakan saving heuristic. Hasil perhitungan dari contoh numerik dengan lokasi gudang penyalur berada di Desa Bangunkerto yang melayani 7 lokasi demand didapatkan 3 rute distribusi yaitu Depot - Desa Umbulharjo - Desa Hargobinangun - Desa Candingbinangun - Depot, Depot - Desa Wukirsari - Desa Purwobinangun - Depot, Depot - Desa Wonokerto - Desa Girikerto - Depot. Kendaraan truk engkel dan truk double dipilih karena memiliki nilai utilitas yang optimal dibandingkan dengan alternatif lainnya. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh model serta algoritma heuristic yang mampu meminimasi total rasio permintaan yang tidak terpenuhi secara merata pada setiap lokasi demand, mampu melakukan pemilihan kendaraan, penentuan rute dan alokasi kendaraan sesuai dengan banyaknya komoditas yang akan dikirimkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: logistik bencana, FSMVRP, saving heuristic
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Sep 2013 13:25
Last Modified: 30 Sep 2013 13:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item