ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATIONS TERHADAP RESPON KONSUMEN

Nurwidyawan, Yustinus Arinto (2006) ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATIONS TERHADAP RESPON KONSUMEN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM13794.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM13794.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM13794.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM13794.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM13794.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM13794.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Mengingat peran strategis dari fungsi merek guna menciptakan suatu nilai baik bagi perusahaan dan konsumen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kesesuaian model teoritis yang dikonsepkan secara empirik (2) mengetahui bagaimana pengaruh dimensi-dimensi brand associations terhadap respon konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) literatur, (2) kuesioner, dan (3) analisis Model dengan Structural Equation Modeling. Penelitian ini melihat bagaimana asosiasi merek sepatu olahraga yang mengekspresikan utilitas merek secara fungsional dan simbolik yang diasosiasikan oleh mahasiswa UAJY dengan pemakaian dan konsumsi merek. Dari kajian literaur diperoleh empat dimensi dari brand associations yaitu: (1) guarantee, (2) personal identification, (3) social identification, dan (4) status. Respon mahasiswa UAJY yang diukur dalam penelitian ini mencakup: brand extension, recommendation, dan price premium. Dari penelitian ini diperoleh bahwa model teoritis yang dikonsepkan sesuai dengan data yang dikumpulkan sehingga model dapat teruji secara empiric. Untuk dimensi-dimensi yang dianalis secara simultan melalui Structural Equation Modeling diperoleh bahwa dimensi guarantee berpengaruh positif terhadap respon konsumen, dimensi personal identification berpengaruh positif terhadap respon konsumen, dimensi social identification tidak berpengaruh positif terhadap respon konsumeni dan dimensi status berpengaruh positif terhadap respon konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brand associations dan respon konsumen
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Oct 2013 10:54
Last Modified: 17 Oct 2013 10:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item