Nugroho, Andi (2013) PEMBANGUNAN GAME BATIK PADA PIRANTI MOBILE ANDROID. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TF05785.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TF05785.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TF05785.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TF05785.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text (Bab IV)
4TF05785.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
Text (Bab V)
5TF05785.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TF05785.pdf Download (804kB) | Preview |
Abstract
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang memiliki banyak budaya. Begitu banyaknya budaya yang dimiliki oleh Indonesia ini harus tetap dilestarikan agar budaya yang dimiliki oleh Indonesia tidak hilang. Untuk melestarikan budaya yang dimiliki oleh Indonesia ada berbagai cara, salah satunya adalah dengan permainan. Kita dapat membuat permainan yang memberitahukan informasi-informasi mengenai budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Permainan yang dilakukan tidak harus dengan suatu kegiatan yang nyata tetapi dapat dilakukan melalui device mobile. Kita dapat memanfaatkan permainan yang berjalan di device mobile untuk memberikan informasi mengenai budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Untuk device mobile yang sekarang ini banyak digunakan adalah device mobile yang menggunakan operating system Android. Aplikasi permainan yang akan dibuat ini adalah sebuah permainan yang sekaligus memberikan informasi mengenai budaya Indonesia terutama pada batik. Permainan ini adalah permainan memasangkan gambar, cara kerjanya adalah sebagai berikut: pertama buka sebuah gambar kemudian membuka gambar yang lain, setelah itu dicocokan apakah kedua gambar tersebut sama atau tidak, bila tidak maka kedua gambar akan menutup dan jika sama maka kedua gambar tersebut akan tetap terbuka. Permainan akan selesai jika semua gambar telah terbuka. Dalam permainan ini ada beberapa tingkatan yaitu, mudah, sedang, dan sulit. Untuk tingkat mudah akan menggunakan 6 buah gambar, sedangkan untuk tingkat sedang akan menggunakan 8 buah gambar dan untuk tingkat sulit akan menggunakan 10 buah gambar. Selain permainan tersebut ada permainan yang mengatur ulang letak beberapa potongan gambar menjadi sebuah gambar yang lengkap. Untuk tingkatan permainan ini menjadikan 9 potongan gambar untuk tingkat mudah, 16 potongan gambar untuk tingkatan sedang, dan 25 potongan gambar untuk tingkat sulit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: batik, pembelajaran, permainan, game, Android. |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 07:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2013 07:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4130 |
Actions (login required)
View Item |