EVENT BRAND ACTIVATION BOBO FAIR 2012 “JOURNEY TO THE WORLD”

Maharani, B.R.Aj Koes Lupita (2013) EVENT BRAND ACTIVATION BOBO FAIR 2012 “JOURNEY TO THE WORLD”. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.

[img]
Preview
Text
jurnal-.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Majalah Bobo menyandang gelar sebagai media anak terbesar pertama di Indonesia menurut Nielsen Research dan Top Brand Award, hal tersebut membuat majalah Bobo harus tetap mempertahankan eksistensi dari majalah di Indonesia. Majalah Bobo bekerja sama dengan Radya Tama selaku event organizer yang dipercaya menjadi pelaksana dari Bobo Fair 2012 “Journey to the World”. Bobo Fair 2012 merupakan event besar yang menggandeng klien dan tenant hampir 300 perusahaan. Usaha membuat tema yang unik dilakukan agar menarik stakeholder dan pengunjung. Tema 2012 adalah “Journey to the World” yang merupakan sarana eduitaiment hasil implementasi rubrik majalah Bobo ke dalam brand activation. Pengunjung yang merupakan pelanggan dan calon pelanggan. Tujuan dari Bobo Fair 2012 adalah meningkatkan sales dan loyalitas pelanggan. Majalah Bobo menciptakan brand experience liburan keluarga di JCC dengan tema keliling dunia karena majalah Bobo dan Radyatama melihat ada fenomena tiket murah ke luar negeri. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengetahui brand activation dalam meningkatkan brand loyalty dari majalah Bobo. Brand Activation yang dilaksanakan oleh majalah Bobo berupa event tahunan yang mengangkat tema berbeda sesuai dengan tren yang ada. Brand activation yang dilakukan oleh majalah Bobo melalui beberapa tahap sesuai dengan IntegratedMarketing Communication Planning mulai dari proses perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi. Brand experience yang tercipta berkaitan dengan tahapan dari IMC Planning yang sudah dilakukan oleh majalah Bobo. Experience yang ada di benak pengunjung dalam hal ini adalah pelanggan dan calon pelanggan diharapkan akan menyebabkan mereka untuk menjadi loyal terhadap majalah Bobo. Bobo Fair 2012 memiliki kaitan dengan majalah Bobo, karena merupakan brand activation dalam hal ini adalah event . Berbagai kegiatan yang ada di Bobo Fair 2012 “Journey to the World” merupakan bentuk konkrit dari rubrik majalah Bobo yang di implementasikan menjadi berbagai macam acara dan kompetisi di Bobo Fair 2012, Brand activation dalam meningkatkan brand loyalty majalah Bobo dalam penelitian ini memang tercapai dengan adanya pemenuhan hasil dari KPI (Key Performance Indicator) Bobo Fair 2012 dan hasil dari wawancara dengan pengunjung Bobo Fair 2012 yang memunculkan image majalah Bobo sebagai teman bermain dan belajar serta kesediaan mereka untuk berlangganan, menambah langganan dan ketersediaan mereka untuk datang lagi ke Bobo Fair tahun mendatang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bobo Fair, Brand Activation, Majalah Bobo, Brand Loyalty
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:36
Last Modified: 14 Mar 2014 09:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4259

Actions (login required)

View Item View Item