ANALISIS KUALITAS RELASI ANTARA PENERBITPERCETAKAN KANISIUS DENGAN ANGGOTA KANISIUS READING COMMUNITY BERDASARKAN UJI BEDA MASA KEANGGOTAAN DAN JUMLAH TRANSAKSI

Noviana, Liza (2013) ANALISIS KUALITAS RELASI ANTARA PENERBITPERCETAKAN KANISIUS DENGAN ANGGOTA KANISIUS READING COMMUNITY BERDASARKAN UJI BEDA MASA KEANGGOTAAN DAN JUMLAH TRANSAKSI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03765.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03765.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03765.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03765.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Relasi antara organisasi dengan publik erat hubungannya dengan PR. Public relations merupakan fungsi membangun dan mempertahankan relasi antara organisasi dengan publiknya. Memahami relasi antara organisasi dengan publik merupakan inti dari OPR. Penelitian ini mengacu pada konsep OPR tersebut berdasarkan empat dimensi relasi yaitu : control mutuality, trust, commitment, dan satisfaction. Kualitas relasi yang dihasilkan dapat dikatakan baik apabila tingkat relasinya tinggi, namun sebaliknya ketika tingkat relasinya rendah dapat berarti kualitasnya buruk. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan uji beda oneway annova dan independent sampel t test yang bertujuan untuk melihat kualitas relasi yang dihasilkan antara organisasi dengan pelanggan. Sedangkan uji beda bertujuan untuk menganalisis lebih detail kualitas relasi yang dihasilkan, ada tidaknya perbedaan yang signifikan dilihat dari lama responden menjadi anggota dan jumlah transaksi yang dilakukan responden terhadap tingkat relasi yang dihasilkan. Pada akhirnya, dapat dilihat bahwa kualitas relasi antara Penerbit-Percetakan Kanisius dikatakan baik dengan nilai 7,9. Pendeskripsian kualitas relasi lebih detail setelah dilakukan uji beda, maka dikatakan bahwa kualitas relasi antara yang dihasilkan menunjukkan perbedaan yang dianggap tidak signifikan dilihat dari lama responden menjadi anggota terhadap pada dimensi kontrol atas hubungan, komitmen dan kepuasan. Akan tetapi kualitas relasi yang dihasilkan pada dimensi kepercayaan menunjukkan perbedaan justru dianggap signifikan dilihat dari lama responden menjadi anggota terhadap kualitas relasi yang dihasilkan pada dimensi kepercayaan. Selain itu berdasarkan uji beda yang dilakukan dilihat dari jumlah transaksi yang dilakukan responden. Maka dapat dikatakan bahwa kualitas relasi yang dihasilkan terhadap keempat dimensi menunjukkan perbedaan yang ada dianggap tidak signifikan dilihat dari jumlah transaksi langsung dan jumlah transaksi langsungtidak langsung yang dilakukan responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Organization-public relationships, hubungan pelanggan, kualitas relasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:44
Last Modified: 12 Nov 2013 12:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item View Item