PENGARUH TERPAAN IKLAN TVC TERHADAP TINGKAT MOTIVASI PEMBELIAN

Wijaya, Dani Surya (2013) PENGARUH TERPAAN IKLAN TVC TERHADAP TINGKAT MOTIVASI PEMBELIAN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03267.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03267.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03267.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM03267.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Saat ini perusahaan atau produsen berkembang semakin pesat, hal ini menimbulkan persaingan antar produsen. Persaingan bisnis yang terjadi saat ini, banyak produsen atau suatu perusahaan yang menawarkan produk yang sama tapi dengan beraneka macam jenis manfaat yang berbeda dan tentunya yang dibutuhkan oleh para konsumen. Persaingan bisnis ini juga terjadi pada produk minuman isotonik. Berbagai macam merek minuman isotonik beredar dipasaran dengan menawarkan beraneka jenis, inovasi, manfaat dan variannya. Oleh karena itu sebuah perusahaan produk atau jasa membutuhkan suatu kegiatan komunikasi pemasaran untuk mengenalkan produk atau jasanya kepada khalayak untuk meningkatkan penjualan. Salah satu kegiatan pemasaran tersebut adalah periklanan. Periklanan bisa dilakukan melalui berbagai media salah satunya adalah media televisi. Banyak perusahaan yang menggunakan media televisi untuk melakukan promosi dan memberikan informasi mengenai produknya. Media televisi memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan media lain, televisi dipandang sebagai media yang paling cepat dan efektif untuk menyampaikan pesan-pesan yang komersial karena televisi mempunyai kelebihan yang dapat mempengaruhi masyarakat. Sehingga penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh terpaan iklan TVC minuman isotonik terhadap motivasi pembelian. Variabel dalam penelitian ini adalah Terpaan Iklan TVC (X), Tingkat Pengetahuan Respon Konsumen (m) dan Tingkat Motivasi Pembelian (Y0. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif dengan metode survey. Alat pengumpulan data yang utama adalah kuesioner. Populasinya yaitu anggota JCI (Juventus Club Indonesia) Chapter Yogyakarta dengan jumlah 238 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Simple Random Sampling, dalam metode pengujian instrument dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji asumsi klasik dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana terpaan iklan mempunyai pengaruh terhadap tingkat motivasi pembelian. Berdasarkan uji F dan uji t, dapat diketahui bahwa antara variabel terpaan iklan TVC mempengaruhi variabel tingkat pengetahuan respon konsumen pada iklan, variabel tingkat pengetahuan respon konsumen pada iklan mempengaruhi variabel tingkat motivasi pembelian dan variabel terpaan iklan TVC mempengaruhi variabel tingkat motivasi pembelian. Peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk lebih menambah frekuensi tayangan pada iklannya, agar masyarakat semakin yakin terhadap produk yang diiklankan, sehingga dalam mempromosikan suatu produk akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terpaan iklan TVC, tingkat pengetahuan respon konsumen pada iklan dan tingkat motivasi pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2014 11:08
Last Modified: 10 Feb 2014 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4613

Actions (login required)

View Item View Item