KEPUASAN RELASI ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN DI PT PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA (Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan Teori Pertukaran Sosial)

Kusumaningrum, Ratih (2013) KEPUASAN RELASI ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN DI PT PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA (Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan Teori Pertukaran Sosial). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03802.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03802.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03802.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03802.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03802.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Kepuasan relasi dalam suatu hubungan akan dipengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah dalam komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal sendiri memiliki lima dimensi yang mempengaruhi kualitas komunikasinya. Komunikasi interpersonal juga terjadi dalam organisasi baik itu antara rekan sejawat ataupun antara atasan dan bawahan. Tentunya dalam suatu perusahaan membutuhkan kepuasan relasi antara atasan dan bawahannya untuk dapat mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Maka dari itu dalam penelitian ini penulis ingin melihat kepuasan relasi yang terjadi dalam perusahaan terkhusus dalam penelitian ini adalah di PT PLN (Persero) Area Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori pertukaran sosial sebagai teori pokok dan dibantu dengan menggunakan teori limadimensi komunikasi interpersonal. Dimana kepuasan relasi ini akan dilihat dengan menggunakan lima dimensi komunikasi interpersonal dan dihubungkan dengan teori pertukaran sosial yang menggunakan perhitungan ekonomi dari pengorbanan dan penghargaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian penulis. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa bawahan sudah mendapatkan kepuasan relasi seperti yang mereka harapkan biarpun ada beberapa dimensi yang terjadi tidak sesuai dengan harapan mereka namun kepuasan relasi masih mereka dapatkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam perusahaan ini terjadi kepuasan relasi dan penghargaan yang didapat lebih banyak dari pengorbanan yang dikeluarkan dilihat dengan menggunakan lima dimensi komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perukaran Sosial, Lima dimensi komunikasi interpersonal, Kepuasan Relasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2014 12:14
Last Modified: 11 Feb 2014 12:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4642

Actions (login required)

View Item View Item