MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI KAKAOTALK (Studi Deskriptif Mengenai Motif Komunitas Korea Kfriends Menggunakan Aplikasi KakaoTalk)

Santoso, Fenny Setyowati (2013) MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI KAKAOTALK (Studi Deskriptif Mengenai Motif Komunitas Korea Kfriends Menggunakan Aplikasi KakaoTalk). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02762.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02762.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02762.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM02762.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

KakaoTalk merupakan salah satu aplikasi mobile, smartphone messaging asal Korea yang dirilis sejak tahun 2010 dan kini banyak diunduh dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. KakaoTalk menawarkan fitur dan layanan menarik dan cukup berbeda dibanding dengan aplikasi messaging yang lain sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas Korea KFriends. Kebutuhan konsumen menjadi salah satu pengaruh dan latar belakang komunitas Korea KFriends menggunakan aplikasi KakaoTalk, yakni perasaan akan adanya hal yang kurang dan menuntut untuk dipenuhi, hingga akhirnya menggunakan aplikasi KakaoTalk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil penelitian di lapangan menjadi sebuah deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam. Sehingga nantinya dapat diketahui motif komunitas Korea KFriends dalam menggunakan aplikasi messaging KakaoTalk. Motif yang ditemukan dalam penelitian ini didapat dengan menggunakan teori Mowen dan Minor, yakni lima tahap pengambilan keputusan. Motif yang melatarbelakangi Komunitas Korea KFriends dalam menggunakan aplikasi KakaoTalk yaitu untuk berkomunikasi dan berinteraksi demi memenuhi kebutuhan mereka akan informasi. Motif yang kedua adalah untuk mendapatkan hiburan dan yang terakhir untuk mendapatkan keuntungan dengan berbagai promo gratis yang ditawarkan oleh KakaoTalk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brand, kebutuhan konsumen, motif
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2014 07:55
Last Modified: 13 Feb 2014 07:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item