Kekalahan Koalisi Partai Politik Besar Dalam Iklan Rokok Surya Pro Mild(Analisis Semiotika Iklan Televisi Surya Pro Mild Versi “Robot” Sebagai Representasi Kekalahan Koalisi Partai Politik Besar dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012)

Winanto, Robertus Ganjar (2013) Kekalahan Koalisi Partai Politik Besar Dalam Iklan Rokok Surya Pro Mild(Analisis Semiotika Iklan Televisi Surya Pro Mild Versi “Robot” Sebagai Representasi Kekalahan Koalisi Partai Politik Besar dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012). Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
NASKAH_JURNAL.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Iklan Surya Pro Mild versi “Robot” merupakan salah satu iklan yang menggunakan momentum atas sebuah peristiwa social dalam mencitrakan keunggulan produk yang diiklankannya. Dalam versi ini divisualisasikan sebuah kekalahan suatu sistem raksasa ketika melawan sistem lain yang lebih sederhana sebagai representasi kekalahan koalisi partai politik besar dalam event Pemilukada DKI Jakarta tahun 2012. Penulis mencoba membongkar tanda-tanda dalam iklan televisi Surya Pro Mild versi “Robot” untuk melihat bagaimana representasi kekalahan koalisi partai politik besar dalam event Pemilukada DKI Jakarta tahun 2012 yang terkandung di dalamnya. Untuk membongkar dan memaknai kekalahan dalam iklan televisi Surya Pro Mild versi “Robot” sebagai obyek analisis, penulis menggunakan semiotika Roland Barthes yang menggunakan dua level analisis konotasi. Pada analisis konotasi level pertama, keadaan kota, kemunculan sosok robot berukuran besar dan lingkaran merah menjadi alat analisisnya dimana semua obyek tersebut merupakan sebuah konotasi dari denotasi sebuah realita di masyarakat yang ada. Pada analisis konotasi level kedua, konotasi yang ditemukan dianggap sebagai sebuah denotasi lain yang kemudian akan dianalisis makna tambahan yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan kedua level tersebut, telah berhasil diidentifikasi gambaran sebuah pertarungan yang terjadi antara koalisi parpol besar melawan parpol kecil di sebuah kota metropolitan yang merupakan representasi kota Jakarta Sedangkan analisis level kedua dimana mitos ikut berperan di dalamnya, pada akhirnya kekalahan robot pada iklan merupakan gambaran kekalahan parpol besar dalam pertarungan Pemilukada DKI Jakarta tahun 2012 yang dianggap tidak mampu menyelesaikan permasalahan kota Jakarta di kepemimpinan sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Representasi, Kekalahan, Partai Politik, TVC, Roland Barthes
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2014 09:22
Last Modified: 14 Mar 2014 08:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4675

Actions (login required)

View Item View Item