MANAJEMEN KONFLIK DI CIMB NIAGA CABANG YOGYAKARTA (Studi Kasus Penanganan Konflik Antara Karyawan ex Bank Lippo dan Karyawan ex Bank Niaga Pasca Merger pada Periode November 2008-November 2010)

Indraswari, Felicia Lucky Yunita (2014) MANAJEMEN KONFLIK DI CIMB NIAGA CABANG YOGYAKARTA (Studi Kasus Penanganan Konflik Antara Karyawan ex Bank Lippo dan Karyawan ex Bank Niaga Pasca Merger pada Periode November 2008-November 2010). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03721.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03721.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03721.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03721.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03721.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Konflik bisa terjadi karena perbedaan dalam pemaknaan yang berakibat dari perbedaan pengalaman. Perbedaan pengalaman dapat dilihat dari perbedaan latar belakang kebudayaan yang membentuk pribadi-pribadi yang berbeda. Konflik tidak dapat dikatakan baik maupun buruk, tergantung bagaimana cara orang memanajemeninya, jika dimanajemen dengan baik, konflik akan menghasilkan sesuatu yang baik, tetapi apabila dimanajemeni dengan buruk maka konflik akan menghasilkan sesuatu yang buruk pula (Wirawan, 2010:115). Manajemen konflik (Wirawan, 2010:129) merupakan proses pihak yang terlibat konflik atau pihak ketiga yang menyusun strategi konflik dan menerapkannya untuk mengendalikan konflik agar menghasilkan resolusi yang diinginkan. Kita tahu bahwa setiap organisasi atau perusahaan sudah menyiapkan cara manajemen konflik untuk mengantisipasi adanya potensi-potensi konflik yang mungkin muncul. Konflik interpersonal yang pernah terjadi di CIMB Niaga cabang Yogyakarta pada periodeNovmber 2008-November 2010 ini dapat dikatakan bukan konflik besar, artinya bukanlah sebuah konflik yang terlalu mengkhawatirkan. Disini penulis ingin mengetahui manajemen konflik yang ada di CIMB Niaga cabang Yogyakarta pasca Merger periode November 2008-November 2010. Manajemen konflik sangat berpengaruh bagi anggota organisasi. Dalam CIMB Niaga ini manajemen konflik dengan cara meminimalisir adanya potensi-potensi konflik. Karena penggabungan dua perusahaan yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda yang mengakibatkan perbedaan cara berpikir dan berkomunikasi memiliki potensi adanya konflik, maka dari setiap divisi memilih cara untuk sering mengadakan pertemuan guna mengakrabkan karyawan satu sama lain. Apabila konflik yang terjadi sudah dapat dikatakan mengganggu kinerja karyawan, maka manajemen konflik berupa pembentukan “agents of change” yang berisi para manajer lini. Manajemen konflik lainnya adalah dengan diadakannya Focus Group Discussion.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konflik, manajemen konflik, perusahaan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2014 12:42
Last Modified: 17 Feb 2014 12:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item