PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS FAKTOR PENENTU TEMPAT BELANJA TERHADAP INDOMARET DAN ALFAMART

Supomo, Jonathan Christian (2013) PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS FAKTOR PENENTU TEMPAT BELANJA TERHADAP INDOMARET DAN ALFAMART. Jurnal Manajemen.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi konsumen atas faktor penentu tempat belanja terhadap Indomaret dan Alfamart. Dari analisis ini dapat diketahui apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen baik dari laki-laki atau perempuan, berdasarkan umur, pekerjaan, dan pendapatan per bulan memiliki perbedaan persepsi atau mempunyai persepsi yang sama mengenai Indomaret dan Alfamart yang ditinjau dari berbagai faktor (produk, lokasi, harga, kenyamanan dalam berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan). Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 160 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis T-Test dan ANOVA (Analysis Of Variance). Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap faktor kenyamanan dalam berbelanja antara konsumen yang membeli di Indomaret dan Alfamart. Konsumen Alfamart memiliki tingkat kenyamanan dalam berbelanja yang lebih tinggi dibandingkan konsumen Indomaret. Konsumen laki-laki dan perempuan memiliki persepsi yang sama pada berbagai macam faktor (produk, lokasi, harga, kenyamanan dalam berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan) di Indomaret maupun Alfamart. Konsumen dengan usia kurang dari 17 tahun memiliki persepsi yang lebih baik pada Alfamart dibandingkan konsumen dengan kelompok usia yang lainnya. Konsumen dengan pekerjaan pelajar memiliki persepsi yang lebih baik pada harga jual produk di Indomaret sedangkan pekerjaan yang berbeda memiliki persepsi yang sama pada faktor harga jual produk di Alfamart. Konsumen dengan pendapatan antara Rp 2.001.000 sampai Rp 3.000.000 memiliki persepsi yang lebih baik pada lokasi Indomaret dibandingkan Alfamart.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Persepsi Konsumen, Faktor (produk, lokasi, harga, kenyamanan dalam berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan), Indomaret dan Alfamart.
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Feb 2014 08:09
Last Modified: 14 Mar 2014 08:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item View Item