EVALUASI KEPUTUSAN PEMBERIAN POTONGAN TARIF SEWA KAMAR (Stusi Kasus pada Hotel Jentra Dagen Yogyakarta)

Maylisa, Ayu (2013) EVALUASI KEPUTUSAN PEMBERIAN POTONGAN TARIF SEWA KAMAR (Stusi Kasus pada Hotel Jentra Dagen Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Akuntansi. pp. 1-15.

[img]
Preview
Text
KARYA ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tepat atau tidaknya keputusan yang telah di ambil oleh Hotel Jentra Dagen yang menerima seluruh permintaan potongan tarif sewa kamar yang lebih besar dari potongan yang telah ditetapkan pada low season tahun 2012. Yang dimaksud dengan tepat adalah apabila tarif sewa kamar khusus yang di minta masih berada di atas biaya relevannya. Permintaan potongan harga khusus yang dievaluasi adalah pesanan yang terjadi pada bulan januari tahun 2012 untuk jenis kamar superior. Jenis penelitian dikategorikan sebagai penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Hotel Jentra Dagen yang berlokasi di Jl. Dagen 85 Malioboro Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan manajer hotel untuk memperoleh keterangan atau data yang berhubungan dengan kebijakan pemberian potongan tarif sewa kamar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa keputusan manajememen hotel untuk selalu menerima semua permintaan harga khusus dari tamu hotel tidak semuanya tepat. Setelah dilakukan perbandingan antara total biaya relevan dengan harga khusus yang diminta, dapat diketahui bahwa keputusan untuk menerima permintaan A dan B adalah tepat karena harga khusus yang diminta oleh tamu tersebut lebih besar dari total biaya relevannya. Sebaliknya karena harga khusus yang diminta oleh tamu kurang dari total biaya relevan yang dibutuhkan untuk operasional penyelenggaraan jasa per kamarnya, maka permintaan C, D dan E seharusnya ditolak atau berarti keputusan yang telah diambil oleh pihak hotel atas permintaan tersebut tidak tepat. Selain itu diketahui apabila pihak hotel menerima semua permintaan potongan harga khusus pada bulan januari hanya akan mendapatkan tambahan laba sebesar Rp 3.692,-. Sedangkan apabila pihak hotel menolak permintaan dari pemesan C, D dan E maka tambahan laba yang akan didapatkan lebih besar yaitu sebesar Rp 915.616,-.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Permintaan Potongan Harga Khusus, Biaya Relevan, Laba Diferensial
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2014 12:34
Last Modified: 17 Mar 2014 07:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item View Item