SIMALANGO, DANIEL RASHOKY (2014) ARUS DAN KAPASITAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN, SALATIGA, JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.
|
Text (Halaman Judul)
0TS13343.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS13343.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS13343.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (Bab III)
3TS13343.pdf Download (512kB) | Preview |
|
Text (Bab IV)
4TS13343.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (Bab V)
5TS13343.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS13343.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kondisi ruas Jalan Jendral Sudirman, Salatiga, Jawa Tengah khususnya pada jam-jam sibuk sering menimbulkan antrian kendaraan akibat gangguan yang ada. Aktifitas parkir di sekeliling Jalan Jendral Sudirman sangat tinggi sehingga bahu jalan yang ada penuh oleh parkir kendaraan bermotor, sepeda dan becak. Selain itu ditambah jumlah pejalan kaki yang berjalan atau menyeberang sepanjang segmen jalan dan jumlah kendaraan bermotor yang keluar/masuk dari lahan samping jalan serta arus kendaraan yang bergerak lambat seperti becak, sepeda dan gerobak. Maka diperlukan analisis tingkat pelayanan terhadap ruas jalan tersebut agar diketahui permasalahan yang sebenarnya terjadi sekaligus mencari pemecahannya atau jalan keluar supaya jalan yang sudah ada dapat memberikan kinerja dan tingkat pelayanan. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data primer berupa volume arus lalu lintas, waktu tempuh, hambatan samping dan data sekunder berupa jumlah penduduk. Pengambilan data primer dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2013, hari Rabu tanggal 23 Oktober 2013, dan hari Minggu tanggal 27 Oktober 2013. Analisis dilakukan bedasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis selama penelitian diperoleh data arus lalu lintas (Q) sebesar 1396,6 smp/jam, kecepatan arus bebas (FV) sebesar 41,88 km/jam, kapasitas (C) sebesar 2346,3 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,60, kecepatan tempuh sebesar 37 km/jam, waktu tempuh sebesar 9,73 detik dan tingkat pelayanan C. Berdasarkan analisis dengan menggunakan MKJI 1997 faktor hambatan samping yang paling berpengaruh adalah kendaraan parkir/berhenti dan kendaraan keluar/masuk dari lahan samping yang bila dihilangkan memberikan konstribusi dengan menaikkan kecepatan tempuh kendaraan ringan dari 37 km/jam menjadi 50 km/jam dan kapasitas (C) sebesar 3207,6 smp/jam. Tingkat pelayananpun mengalami peningkatan dari tingkat pelayanan C menjadi tingkat pelayanan B.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | volume kendaraan, hambatan samping, kecepatan arus bebas, kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, tingkat pelayanan |
Subjects: | Civil Engineering > Hydro |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 May 2014 08:55 |
Last Modified: | 16 May 2014 08:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5115 |
Actions (login required)
View Item |