PEMBANGUNAN APLIKASI MEDIA PERIKLANAN ARLOJI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Kusuma, I Nyoman Wira (2014) PEMBANGUNAN APLIKASI MEDIA PERIKLANAN ARLOJI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF05511.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF05511.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF05511.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
3TF05511.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
4TF05511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (Bab V)
5TF05511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TF05511.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata 3D kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, Augmented reality sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Saat ini, Augmented reality sudah banyak diterapkan diberbagai bidang kehidupan manusia, antara lain dibidang kedokteran, hiburan, engineering design, robotics, telerobotics, dan perikalanan. Dengan memanfaatkan teknologi AR pada iklan arloji di yang ada pada media cetak, model dari arloji bisa ditampilkan secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat menampilkan model arloji 3D kedalam lingkungan AR sehingga pembeli mengetahui bentuk, harga, dan spesifikasi produk yang ingin dibeli dengan lebih baik. Pada penelitian ini digunakan pelacakan marker yang akan ditangkap oleh kamera smartphone. Akan dilakukan treshold pada gambar yang telah ditangkap, kemudian aplikasi akan mendeteksi sudut atau Corner Detection merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengekstraksi beberapa jenis fitur dan menyimpulkan isi dari gambar. Jika cocok maka akan menampilkan bentuk 3D dari gambar tersebut. Untuk pendeteksian marker dan treshhold dilakukan dengan menggunakan Vuforia. Hasil penelitian ini diharapkan mampu membangkitkan kembali tren media cetak yang semakin lama semakin terdorong karena internet yang kini mudah dijangkau.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Arloji, Smartphone, Marker, Vuforia, Periklanan
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 May 2014 10:04
Last Modified: 26 May 2014 10:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item