Kusuma, I Nyoman Wira (2014) PEMBANGUNAN APLIKASI MEDIA PERIKLANAN ARLOJI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TF05511.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TF05511.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TF05511.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (Bab III)
3TF05511.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text (Bab IV)
4TF05511.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text (Bab V)
5TF05511.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TF05511.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata 3D kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, Augmented reality sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Saat ini, Augmented reality sudah banyak diterapkan diberbagai bidang kehidupan manusia, antara lain dibidang kedokteran, hiburan, engineering design, robotics, telerobotics, dan perikalanan. Dengan memanfaatkan teknologi AR pada iklan arloji di yang ada pada media cetak, model dari arloji bisa ditampilkan secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat menampilkan model arloji 3D kedalam lingkungan AR sehingga pembeli mengetahui bentuk, harga, dan spesifikasi produk yang ingin dibeli dengan lebih baik. Pada penelitian ini digunakan pelacakan marker yang akan ditangkap oleh kamera smartphone. Akan dilakukan treshold pada gambar yang telah ditangkap, kemudian aplikasi akan mendeteksi sudut atau Corner Detection merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengekstraksi beberapa jenis fitur dan menyimpulkan isi dari gambar. Jika cocok maka akan menampilkan bentuk 3D dari gambar tersebut. Untuk pendeteksian marker dan treshhold dilakukan dengan menggunakan Vuforia. Hasil penelitian ini diharapkan mampu membangkitkan kembali tren media cetak yang semakin lama semakin terdorong karena internet yang kini mudah dijangkau.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Arloji, Smartphone, Marker, Vuforia, Periklanan |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 May 2014 10:04 |
Last Modified: | 26 May 2014 10:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5157 |
Actions (login required)
View Item |