GAMBARAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TERHADAP ISU LINGKUNGAN DALAM IKLAN KORPORAT (Analisis Isi Perbandingan TVC Royal Dutch Shell, ConocoPhillips dan Chevron dengan Tema Environmental Tahun 2010-2013)

MARITA, YOANNA FRANCISCA (2014) GAMBARAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TERHADAP ISU LINGKUNGAN DALAM IKLAN KORPORAT (Analisis Isi Perbandingan TVC Royal Dutch Shell, ConocoPhillips dan Chevron dengan Tema Environmental Tahun 2010-2013). S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03345.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03345.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03345.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan dengan tema environmental banyak digunakan oleh perusahaan energi multinasional untuk memperoleh kepercayaan publik. Summerhays dan Villiens (2012:106) mengungkapkan bahwa masyarakat dunia skeptis terhadap metode yang digunakan perusahaan-perusahaan energi di lapangan, terutama setelah peristiwa BP oil spill di teluk Mexico pada tahun 2010. Namun pada tahun tersebut perusahaan seperti Shell, ConocoPhillips dan Chevron meluncurkan iklan dengan tema lingkungan. Peneliti tertarik untuk melihat gambaran tanggung jawab perusahaan terhadap isu lingkungan dalam iklan korporat Shell, ConocoPhillips dan Chevron tahun 2010-2013. Gambaran tanggung jawab tersebut adalah efek pesan iklan yang terjadi setelah audience memproses pesan, kemudian membuat suatu kesimpulan yang diharapkan oleh pengiklan yaitu gambaran tanggung jawab terhadap isu lingkungan. Proses tersebut dapat diilustrasikan dalam model komunikasi Lasswell yang memiliki komponen berupa komunikator, pesan (message), media (channel), komunikan dan efek. Selain berdasarkan proses komunikasi yang terjadi, gambaran orientasi dapat iklan dapat dilihat dari orientasi berdasarkan klasifikasi Carlson, Grove dan Kangun dalam Leonidou (2010:16) yaitu product oriented, process oriented, image oriented dan environmental fact. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian coding sheet, dokumen yang berupa TVC dan studi literatur untuk mendapatkan indikator yang dapat digunakan untuk melakukan analisis. Dokumen berupa TVC didapatkan dari youtube.com, sedangkan literatur berasal dari buku, jurnal online dan penelitian lain. Pertanyaan yang terdapat dalam coding sheet disesuaikan dengan unit analisis yang terdapat dalam empat kategori yaitu pesan linguistik, illustration setting, illustration presenter dan identification mark. Setelah melakukan pengisian coding sheet, dilanjutkan dengan uji reliabilitas dan penghitungan frekuensi kemunculan unit analisis, dan hasilnya digunakan untuk melakukan analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Shell, ConocoPhillips dan Chevron menunjukkan gambaran tanggung jawab melalui iklan korporat yang berorientasi pada produk dan image. Shell menonjolkan olahan energi yang bersih dan efisien, serta menunjukkan image kepedulian terhadap masyarakat. ConocoPhillips memiliki poin utama yang sama dengan Shell. Chevron lebih menonjolkan pada pemanfaatan renewable energy, serta menunjukkan kepeduliannya terhadap pendapat masyarakat mengenai isu lingkungan. Gambaran yang telah muncul tersebut menurut model komunikasi Lasswell merupakan efek yang diharapkan masuk dan diterima di benak audience. Berdasarkan keseluruhan penelitian, peneliti mengajukan saran yaitu untuk penelitian selanjutnya diharapkan lebih lengkap dalam melakukan kategorisasi agar dapat meneliti keseluruhan elemen dalam iklan. Selain itu, untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahan data lain misalnya wawancara untuk mengetahui perspektif isu dari dalam dan luar perusahaan. Bagi perusahaan yang bergerak dalam industri serupa dan ingin meluncurkan iklan korporat, akan lebih baik jika memasukkan gambaran bagaimana usaha perusahaan dalam menjaga keamanan situs untuk dapat menjawab kekuatiran masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Iklan korporat, environmental, gambaran tanggung jawab
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2014 11:21
Last Modified: 18 Jun 2014 11:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item