BATUWAEL, NITA AU (2014) MOTIVASI PELANGGAN DALAM MEMBACA MAJALAH BAHANA (Studi Deskriptif Mengenai Motivasi Membaca Majalah Bahana Bagi Pelanggan di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-10.
|
Text
Jurnal Online.pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Kepekaan media massa akan kebutuhan informasi yang bukan hanya seputar kriminalitas namun juga yang dapat memenuhi kepuasan rohani manusia menyebabkan lahirnya beberapa media massa yang bergerak dalam bidang rohani. Meskipun harus bersaing menghadapi media massa lainnya (media massa elektroknik atau media online), namun media massa cetak hingga saat ini masih digandrungi oleh masyarakat. Dalam memilih media apa yang dibaca, masyarakat cenderung menyesuaikan pemilihan media berdasarkan kebutuhannya. Penelitian mengenai motivasi pelanggan dalam membaca majalah Bahana dilakukan untuk mengetahui latar belakang keinginan pelanggan untuk terus membaca majalah Bahana yang jika bisa dikatakan memiliki beberapa kelemahan dibanding dengan majalah sejenisnya. Dalam melihat motivasi pelanggan dalam membaca majalah Bahana, penelitian ini memaparkan hasil data yang telah diolah mengenai motivasi pelanggan dalam memilih majalah Bahana. Ada lima kategori pemenuhan kebutuhan dalam melihat motivasi pelanggan dalam membaca majalah Bahana yaitu kebutuhan integratif sosial, kebutuhan integratif personal, kebutuhan pelarian, kebutuhan kognitif dan kebutuhan afektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan memilih untuk mengkonsumsi media massa cetak yaitu majalah Bahana adalah salah satu cara usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kognitif dan kebutuhan pelarian.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, media cetak, membaca, kebutuhan |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 11:19 |
Last Modified: | 20 Jun 2014 11:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5303 |
Actions (login required)
View Item |