STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM “RECOVERY MERAPI FESTIVAL” ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pasca Krisis dari Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Memulihkan Kepariwisataan Yogyakarta Pasca Erupsi Merapi 2010 )

Butar Butar, Ellen (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM “RECOVERY MERAPI FESTIVAL” ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pasca Krisis dari Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Memulihkan Kepariwisataan Yogyakarta Pasca Erupsi Merapi 2010 ). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-14.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Setiap organisasi ataupun perusahaan bahkan industri sangat berpeluang untuk tertimpa krisis. Terlebih pada industri pariwisata yang merupakan sektor yang rentan untuk terkena krisis, karena kelangsungan sektor ini sangat tergantung pada kondisi lingkungan sekitarnya. Krisis pun menimpa Yogyakarta sebuah propinsi di Indonesia yang menggantungkan perekonomian daerah pada sektor pariwisata, dilanda erupsi Merapi yang merupakan suatu bencana alam yang cukup besar pada tanggal 26 Oktober 2010. Krisis yang terjadi disebabkan bukan karena terjadinya penurunan produk pariwisata namun terjadinya degradasi citra Yogyakarta khususnya dalam bidang keamanan. Dalam menghadapi situasi yang demikian, Dinas pariwisata provinsi DIY selaku perwakilan dari pemerintah dalam hal menangani masalah kepariwisataan melakukan upaya pemulihan citra pariwisata untuk meningkatkan kembali kunjungan wisata. Penelitian ini ingin mengetahui strategi komunikasi pasca krisis yang dirumuskan dalam upaya pemulihan citra pariwisata dan juga implementasinya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian studi kasus, yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Berdasarkan analisis yang didukung oleh kepustakaan diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat sejumlah langkah manajemen krisis dalam program recovery yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata DIY dalam memulihkan citra pariwisata Yogyakarta pasca peristiwa erupsi Merapi 2010, yakni: penentuan sasaran komunikasi, penentuan pesan, menetapkan metode strategi, penentuan media, komunikator, implementasi Kegiatan, penyusunan skala waktu, evaluasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi krisis, recovery, citra pariwisata
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:08
Last Modified: 23 Jun 2014 09:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item