PENGARUH INTENSITAS MEMBACA NEWSLETTER “INTERMEZO SCTV” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARYAWAN SCTV TENTANG AKTIVITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Newsletter “Intermezo SCTV” Periode Februari-Juli 2013)

HARDIANI, INDAH (2014) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA NEWSLETTER “INTERMEZO SCTV” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARYAWAN SCTV TENTANG AKTIVITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Newsletter “Intermezo SCTV” Periode Februari-Juli 2013). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-14.

[img]
Preview
Text
JURNAL_INDAH HARDIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi dalam organisasi terjadi dalam bentuk lisan dan tertulis. Dalam proses komunikasi dibutuhkan adanya satu unsur yang penting dalam penyampaian pesan unsur tersebut adalah media. Media disini berguna untuk menjadi sarana komunikasi agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik sehingga terciptanya persamaan pemahaman (mutual understanding). Media merupakan saluran penyampaian pesan dalam komunikasi antarmanusia. Media sebagai salah satu alat informasi yang tugasnya menyalurkan dan menyebarkan informasi kepada khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Newsletter “Intermezo SCTV” terhadap tingkat pengetahuan karyawan tentang perusahaan (Studi Kasus Newsletter “Intermezo SCTV ” periode Februari – Juli 2013).Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang dimiliki oleh komunikasi massa yaitu model Jarum Hipodermik. Melalui model Jarum Hipodermik peneliti ingin melihat efek dari newsletter sebagai media internal terhadap pengetahuan karyawan. Penelitian ini akan penulis gunakan untuk membantu PR SCTV dalam melakukan riset mengenai media internal SCTV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif Dalam jenis penelitian eksplanatif ini, peneliti menghubungkan atau mencari sebab akibat antara dua atau lebih konsep (variabel) yang akan diteliti yaitu intensitas membaca newsletter “Intermezo SCTV” terhadap tingkat pengetahuan karyawan tentang aktivitas perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan menggunakan teknik stratified sampling (sampling berstrata) dengan jumlah populasi 775 orang dan sampel sebanyak 155 responden. Penelitian ini menggunnakan keterlibatan karyawan sebagai variabel kontrol. Teknik analisis data peneltian ini dilakukan dengan dua cara yaitu analisis bivariat dengan menggunakan analisis product moment dan analisis multivariat dengan analisis korelasi parsial. Hasil pengujian menggunakan product moment menunjukkan terdapatnya hubunggan yang cukup berarti antara intensitas membaca newsletter “Intermezo SCTV” terhadap tingkat pengetahuan karyawan tentang aktivitas perusahaan. Sama halnyadengan hasil korelasi parsial setelah dikontrol dengan keterlibatan karyawan menunjukkan hubungan yang cukup berarti atau sama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: intensitas membaca, tingkat pengetahuan karyawan, media internal
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2014 08:55
Last Modified: 26 Jun 2014 08:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item View Item