PERANCANGAN SOLUSI DI PCP MENGGUNAKAN METODE TRIZ BERDASARKAN ANALISIS PEMETAAN PROSES BISNIS

ANJARIO (2014) PERANCANGAN SOLUSI DI PCP MENGGUNAKAN METODE TRIZ BERDASARKAN ANALISIS PEMETAAN PROSES BISNIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halam Judul)
TI005858.pdf

Download (268kB)
[img] Text (Bab I)
TI105858.pdf

Download (20kB)
[img] Text (Bab II)
TI205858.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Bab III)
TI305858.pdf

Download (24kB)
[img] Text (Bab IV)
TI405858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (Bab V)
TI505858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (Bab VI)
TI605858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab VII)
TI705858.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. Yapindo Transportama (PCP) merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pengiriman barang yang resmi beroperasi pada tahun 2002. Dalam operasinya PCP memiliki permasalahan terkait layanan kepada customer. Berdasarkan observasi awal ditemukan beberapa kegagalan yang muncul yaitu kehilangan, kerusakan, off load, ditahan airlines, alamat tidak jelas, customer tidak dikenal, customer pindah, rumah kosong, out area, over carried dan cross label. Dimana kegagalan ini muncul pada aktivitas di PCP. Terkait dengan permasalahan yang dihadapi selanjutnya dilakukan analisis dengan memetakan alur proses bisnis perusahaan dan merencanakan solusi perbaikan terhadap permasalahannya. Dengan pemetaan proses bisnis, dapat diidentifikasi proses bisnis yang berpotensi menyebabkan kegagalan layanan pada PCP cabang Yogyakarta. Prosesproses tersebut adalah proses menanyakan isi barang, proses cross check jangkauan, proses mengisi resi, proses menempel resi dan proses memilah barang berdasarkan kota tujuan. Perancangan solusi menggunakan metode TRIZ. Hasil dari perancangan solusi tersebut adalah memperjelas tampilan aturan pengiriman dengan membuat poster, memberikan tambahan pelatihan menjadi 3 kali dalam setahun, menambah proses yaitu proses kontrol, merancang ulang resi pada PCP, mengubah penulisan yang tadinya manual dengan diketik, memberikan waktu tambahan sebanyak 30 menit untuk proses memilah barang, membuat denah dan memperjelas nama masing-masing nama kota tujuan dengan diketik, memperbesar tempat keranjang untuk memilah barang dengan sekat kayu dan memberikan tempat yang belum memiliki keranjang untuk memilah barang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemetaan proses bisnis, perancangan solusi, metode TRIZ
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Aug 2014 13:29
Last Modified: 21 Aug 2014 13:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item