WANTAH, PRAYCY YOHANA (2014) Kualitas Komunikasi Interpersonal Atasan Bawahan di PT Kuala Pelabuhan Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi. p.1-14.
Text (Jurnal Skripsi Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf Download (90kB) |
Abstract
Situasi ketidakpastian itu dirasakan oleh karyawan PT KPI, yang pada akhirnya mendorong mereka melakukan aksi unjuk rasa dan bahkan perlawanan terhadap atasan langsungnya. Sikap tersebut masih dipengaruhi oleh peristiwa sebelumnya, dimana pada akhir tahun 2011, mereka melakukan hal serupa untuk menuntut kenaikan upah dan perbaikan tingkat kesejahteraan. Secara umum, kondisi tersebut mengarah pada kualitas komunikasi interpersonal atasan bawahan yang kurang efektif. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif untuk menggambarkan kualitas komunikasi interpersonal atasan bawahan, yang ditinjau dari lima indikator yakni keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Teknik analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi, sehingga pada akhirnya dapat diketahui baik atau buruknya kualitas komunikasi interpersonal yang berlangsung dari atasan kepada karyawan di PT KPI. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa kualitas komunikasi interpersonal atasan bawahan yang efektif menentukan terciptanya lingkungan pekerjaan yang kondusif, sebaliknya kualitas komunikasi interpersonal yang masih kurang atau buruk dapat menimbulkan permasalahan. Kualitas komunikasi interpersonal sebaiknya tidak sekedar dipertahankan tetapi perlu diperbaiki dan ditingkatkan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi interpersonal, komunikasi atasan bawahan, komunikasi efektif, unjuk rasa |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Aug 2014 08:19 |
Last Modified: | 28 Aug 2014 08:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5690 |
Actions (login required)
View Item |