PERAN FACEBOOK DALAM KOMUNIKASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Facebook dalam Komunikasi Politik Partai Nasional Demokrat bagi Pemilih Pemula tentang Calon Presiden Yang Diusung dalam Pemilihan Umum Presiden 2014)

Mirza, Neza Aninda (2014) PERAN FACEBOOK DALAM KOMUNIKASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Facebook dalam Komunikasi Politik Partai Nasional Demokrat bagi Pemilih Pemula tentang Calon Presiden Yang Diusung dalam Pemilihan Umum Presiden 2014). Jurnal Ilmu Komunikasi. p.1-16.

[img] Text (Jurnal Skripsi Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (184kB)

Abstract

Euphoria politik menjelang pemilihan umum Presiden 2014 sangat terasa. Hanya ada dua pasang calon Presiden dan Wakil Presiden. Pasangan Jokowi-JK yang diusung oleh PDI-P, Partai NasDem, Partai Hanura, PKB, dan PKPI, sedang pasangan Prabowo-Hatta diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PAN, PBB, dan PPP. Di Negara demokarasi Partai Politik menjalankan fungsinya yaitu fungsi komunikasi politik, fungsi sosialisasi politik, dan fungsi rekrutmen politik. Fungsi komunikasi politik adalah fungsi penting dalam Partai Politik. Partai NasDem dalam menyampaikan pesan komunikasi politiknya tidak hanya menggunakan media konvensional, di era digital sekarang ini, Partai NasDem juga menggunakan media jejaring sosial yaitu Facebook. Di Indonesia, pengguna Facebook setiap tahunnya bertambah. Populasi masyarakat pengguna Facebook terbesar adalah usia 18-24 tahun yang merupakan kategori pemilih pemula. Pemilih pemula pada pemilihan umum 2014 mengambil porsi yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Facebook Partai NasDem dalam komunikasi politik Partai NasDem pada pemilih pemula tentang calon Presiden yang diusung pada pemilihan umum Presiden 2014. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kegunaan dan gratifikasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini dikategorikan menjadi dua yaitu fans Facebook Partai NasDem dan anggota Liga Mahasiswa NasDem DIY. Teori kegunaan dan gratifikasi dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui motivasi fans Facebook Partai NasDem dalam menggunakan Facebook sebagai media mencari informasi tentang NasDem, mengetahui informasi seperti apa yang diinginkan fans dari Facebook Partai NasDem, dan mengapa fans tertarik mencari informasi melalui Facebook.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Partai Politik, Komunikasi Politik, Teori Kegunaan dan Gratifikasi,Facebook
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Sep 2014 10:17
Last Modified: 01 Sep 2014 10:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5725

Actions (login required)

View Item View Item