PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PARTISIPASI MEREKA DALAM PROGRAM CSR PT HOLCIM INDONESIA Tbk – CILACAP PLANT

Rio Irawan, Stephanus (2014) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PARTISIPASI MEREKA DALAM PROGRAM CSR PT HOLCIM INDONESIA Tbk – CILACAP PLANT. Jurnal Sosiologi. p.1-13.

[img] Text (Jurnal Sosiologi)
Jurnal SOS02850.pdf

Download (627kB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadifokus perhatian dari banyak perusahaan. Survei McKinleySurvei Globalmenunjukkan bahwa76% darieksekutifpercaya bahwatanggung jawab sosial perusahaanmemberikan kontribusipositif terhadapnilai pemegang sahamjangka panjang, dan 55% eksekutif setuju bahwa CSRmembantuperusahaan merekamembangunreputasi yang kuat. Dengan kata lain, CSR berkaitan dengan kebutuhan perusahaan untuk menaikkan citra positifnya, dan dengan melakukan CSR perusahaan dapat meningkatkan pencitraan yang baik di masyarakat. Dengan meningkatnya citra positif perusahaan di mata masyarakat, akan membuka peluang bagi perusahaan untuk dapat terus mengembangkan unit bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan secara berkelanjutan. Pelaksanaan program CSR yang dilakukan oleh PT Holcim Indonesia Tbk, diharapkan bisa menjadi solusi untuk membangun citra positif dari masyarakat luas . Setidaknya, pelaksanaan program CSR bisa menjadi wadah tanggung jawab sosial PT Holcim Indonesia kepada masyarakat, di mana Holcim berdiri dan berkarya, juga diharapkan mampu berperan sebagai sarana untuk membina hubungan yang baik dengan masyarakat, dan secara tidak langsung membantu pemerintah dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.Dalam mengkaji pelaksanaan program CSR pada sebuah perusahaan, penting kiranya untuk mendalami pula hubungan variabel persepsi dan partisipasi masyarakat untuk mengetahui keberhasilan program CSR. Melalui karya tulis ilmiah berjudul, “Persepsi Masyarakat Terhadap Partisipasi Mereka Dalam Program CSR PT Holcim Indonesia Tbk- Cilacap Plant” penulis memfokuskan diri pada penelitian studi kasus mengenai persepsi terhadap partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program CSR yang dilakukan oleh PT Holcim Indonesia, Tbk. Dari berbagai temuan penelitian yang ada, peneliti mengambil sebuah hipotesa bahwa dengan adanya persepsi yang baik maka akan terjadi partisipasi yang baik pula dari partisipan. Suksesnya suatu program dalam hal ini program CSR tergantung dari aktif atau tidak aktifnya partisipasi masyarakat untuk mensukseskan program CSR tersebut. Sehingga dalam posisi ini peran aktif masyarakat sangat penting artinya bagi kelancaran dan keberhasilan program tersebut dan tercapainya tujuan secara mantap. Makna positif atau negatif sebagai hasil persepsi seseorang terhadap program akan menjadi pendorong atau penghambat baginya untuk berperan dalam kegiatannya. Berbagai hal yang terjadi dan menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan sering mengakibatkan warga masyarakat kurang mampu bersikap terbuka untuk secara jujur menyatakan persepsi dan pandangannya tentang suatu program CSR yang diselenggarakan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pentingnya CSR, Persepi dan Partisipasi, Makna Positif dan Negatif
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Oct 2014 11:02
Last Modified: 22 Oct 2014 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item