OKTAVINA, GALUH (2014) STUDI PENGARUH TATA RUANG TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI MALIOBORO MALL, GALERIA MALL, DAN AMBARRUKMO PLAZA, YOGYAKARTA. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
MTA001680.pdf Download (821kB) |
|
Text (Bab I)
MTA101680.pdf Download (410kB) |
|
Text (Bab II)
MTA201680.pdf Download (928kB) |
|
Text (Bab III)
MTA301680.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab IV)
MTA401680.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
Text (Bab V)
MTA501680.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
MTA601680.pdf Download (2MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini bangunan komersial semakin marak di Yogyakarta. Hal ini terbukti dengan adanya pusat belanja (shopping center) yang merambah di pusat kota atau dekat dengan pusat kegiatan manusia. Dengan kondisi ini, penyedia pusat belanja harus terus mencari solusi untuk menciptakan kepusan konsumen dengan melakukan peningkatan kualitas faktor fisik tata ruang agar dapat mempertahankan eksistensinya (loyalitas konsumen). Untuk membantu penyedia pusat belanja dalam mempertahankan eksistensinya dengan pusat belanja baru di Yogyakarta, maka peneliti mencoba mencari tanggapan/ persepsi kepuasan konsumen terhadap tata ruang pusat belanja di Yogyakarta. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dengan tujuan mendapatkan penilaian secara langsung, dengan subjektifitas masing-masing orang. Analisis data yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan tabel tunggal dengan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution), kemudian komparasi data. Komparasi data dalam penelitian ini menggunakan komparasi deskriptif (descriptive comparative) yaitu membandingkan faktor fisik tata ruang di Malioboro Mall, Galeria Mall, dan Ambarrukmo Plaza berdasarkan teori tata ruang (fungsi, ruang, geometri, tautan, dan pelingkup) kemudian analisis kualitas tata ruang di ketiga pusat belanja tersebut menggunakan teori responsive environments. Hasil penelitian dan pembahasan faktor fisik tata ruang di Malioboro Mall, Galeria Mall, dan Ambarrukmo Plaza yaitu masing-masing pusat belanja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kekurangan yang bersifat struktural tidak mutlak dapat diperbaiki, namun yang bersifat non struktural atau bersifat visual memungkinkan untuk diperbaiki. Konsumen memiliki opini untuk perbaikan faktor fisik tata ruang di masing-masing pusat belanja tersebut.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor fisik tata ruang, kepuasan konsumen, pusat belanja |
Subjects: | Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 09:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2014 09:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6128 |
Actions (login required)
View Item |