RISET PASAR PRODUK PIN MAGNET SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM LINGKUP PERKEMBANGAN KOGNITIF BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

SWANDARU, CHARLES DE FOUCOULD PRADANA (2014) RISET PASAR PRODUK PIN MAGNET SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM LINGKUP PERKEMBANGAN KOGNITIF BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TIA007174.pdf

Download (359kB)
[img] Text (Bab I)
TIA107174.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Bab II)
TIA207174.pdf

Download (312kB)
[img] Text (Bab III)
TIA307174.pdf

Download (115kB)
[img] Text (Bab IV)
TIA407174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (Bab V)
TIA507174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
TIA607174.pdf

Download (97kB)

Abstract

Usaha pembuatan pin “Spinonase” merupakan salah satu pelaku usaha di bidang kerajinan pin. Produksi pembuatan pin ini dilakukan berdasarkan order yang masuk. Frekuensi order yang masuk dan kuantitas produksi untuk tiap ordernya tidak menentu dalam periode satu bulan. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik produk pin yang hanya sering digunakan sebagai souvenir event atau sarana promosi. Bersumber dari permasalahan tersebut, pemilik berencana menginovasi produk pin agar diterima pasar kemudian memproduksi pin secara regular atau konsisten agar penghasilan tiap bulan lebih stabil. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik, pemilik bermaksud mengubah fungsi produk pin yang semula sebagai souvenir event atau sarana promosi menjadi Alat Permainan Edukatif (APE) dalam lingkup perkembangan kognitif bagi Pendididkan Anak Usia Dini (PAUD). Pemilik membutuhkan adanya riset pasar untuk menilai seberapa besar minat pasar, yaitu lembaga PAUD terhadap gagasan inovasi produk pin magnet tersebut. Riset pasar diawali dengan identifikasi masalah, studi pustaka dan lapangan, dan brainstorming dengan pemilik usaha pembuatan pin “Spinonase”, pendidik PAUD, dan produsen APE. Proses riset kemudian dilanjutkan dengan menetapkan target customer, menentukan hipotesis dan pertanyaan dasar, mencari data sekunder yang dibutuhkan, menyusun pertanyaan lanjutan, memeriksa hipotesis, membuat daftar pesaing. Semua langkah yang dilakukan dan data yang diperoleh digunakan untuk menyusun kuesioner. Data yang diperolah dari kuesioner, sebagai data primer, diolah dan dianalisis bersama data sekunder untuk mendapatkan hasil sesuai tujuan penelitian. Hasil analisis potensi pasar terhadap produk APE dari pin magnet yang ditawarkan adalah potensi pasar kota Yogyakarta masih sangat potensial. Kota Yogyakarta merupakan kota dengan persentase desa ada PAUD sebesar 100%, dimana terdapat 218 Taman Kanak-kanak (TK), 83 Kelompok Bermain (KB), dan 43 Tempat Penitipan Anak (TPA). Orang tua anak usia dini dinilai 99,20% responden menjadi pasar yang potensial untuk produk APE. 87,72% responden dari lembaga PAUD, baik TK, KB, dan TPA memiliki ketertaikan untuk membeli produk APE dari pin magnet yang ditawarkan. Hasil analisis minat pasar antara lain harga produk yang diminati responden adalah pada range Rp50.000,00- Rp99.999,00 dengan persentase 78,40%. Usia 3,1-4 tahun dan 4,1-5 tahun atau usia satu tahun sebelum TK dan usia TK kecil merupakan usia yang dinilai cocok sebagi target produk dengan persentase beruturut-turut 30,20% dan 25,91%. Prioritas inovasi produk yang diusulkan oleh 75% responden adalah penggunaan papan yang berfungsi untuk menempelkan produk APE sebagai alat bantu yang dapat dipakai bersama dengan produk APE yang ditawarkan. Kemasan produk yang mudah dan ringkas untuk anak sekaligus dapat melatih motorik anak menjadi prioritas inovasi berikutnya, sedangkan pemberian efek timbul dari bahan resin pada gambar dan pemberian identitas lembaga PAUD pada kemasan menjadi inovasi opsional sesuai kebutuhan responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAUD, APE, pin magnet, riset pasar, kuesioner
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2014 10:49
Last Modified: 19 Nov 2014 10:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6318

Actions (login required)

View Item View Item