KUALITAS RELASI ANTARA PERSONAL SHOPPER PT.EMAX FORTUNE INTERNATIONAL DENGAN PELANGGAN (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Kualitas Relasi Berdasarkan Konsep Organization- Public Relationship)

WINDHAYANI, NOVITA VERA (2014) KUALITAS RELASI ANTARA PERSONAL SHOPPER PT.EMAX FORTUNE INTERNATIONAL DENGAN PELANGGAN (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Kualitas Relasi Berdasarkan Konsep Organization- Public Relationship). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM003779.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
KOM103779.pdf

Download (286kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203779.pdf

Download (172kB)
[img] Text (Bab III)
KOM303779.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM403779.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya sebuah perusahaan sangat erat kaitannya dengan publik. Salah satu publik perusahaan yang berperan penting dalam keberhasilan suatu perusahaan adalah pelanggan, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan.Untuk dapat melihat kualitas hubungan yang terjalin antara perusahaan dengan pelanggan, diukur dengan menggunakan empat dimensi berdasarkan konsep dari Ledingham dan Bruning. Empat dimensi tersebut yaitu dimensi trust, satisfaction, commitment dan control mutuality. Kualitas hubungan yang dihasilkan dapat dikatakan baik apabila tingkat relasinya tinggi, namun sebaliknya ketika tingkat relasinya rendah berarti kualitas relasinya buruk. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan uji beda oneway annova dan independent sample t test. Uji beda bertujuan untuk menganalisis lebih detail kualitas relasi yang dihasilkan, ada tidaknya perbedaan yang signifikan dilihat berdasarkan kriteria jenis kelamin, usia, pekerjaan, lama menjadi pelanggan dan jumlah transaksi yang dilakukan oleh responden. Setelah dilakukan penelitian, maka didapatkan hasil bahwa kualitas relasi antara personal shopper PT.Emax Fortune International dikatakan baik, yaitu dengan nilai 3,60. Berdasarkan hasil nilai rata-rata dari masing-masing dimensi, diperoleh hasil nilai rata-rata tertinggi dari empat dimensi kualitas relasi adalah pada dimensi control mutuality yaitu dengan nilai rata-rata 3,65, hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas relasi yang terjalin antara personal shopper dan pelanggan masuk dalam kategori baik. Hal tersebut terlihat ketika responden menghargai control mutuality dengan personal shopper PT. Emax Fortune International, yang dimana control mutuality berhubungan dengan pelanggan yang mendapatkan wewenang dan juga kesempatan dalam memberikan control terhadap personal shopper ketika pelayanan yang diberikan oleh personal shopper tidak memuaskan dan tidak sesuai harapan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas relasi, personal shopper, Organization- Public Relationship
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jan 2015 13:09
Last Modified: 02 Jan 2015 13:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item