CITRA TRANS JOGJA DI MATA BIS MANIA COMMUNITY (BMC) YOGYAKARTA

Pradita, Miria (2014) CITRA TRANS JOGJA DI MATA BIS MANIA COMMUNITY (BMC) YOGYAKARTA. Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-14.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (746kB)

Abstract

Citra merupakan persepsi publik mengenai perusahaan yang menyangkut pelayanan, kualitas produk, budaya dan perilaku perusahaan, atau perilaku individu dalam perusahaan. Citra yang diharapkan merupakan salah satu citra yang diinginkan oleh setiap organisasi dan biasanya tidak sesuai dengan apa yang ada. Trans Jogja merupakan salah satu angkutan umum yang hadir sebagai salah satu solusi moda transportasi. Trans Jogja hadir bagi masyarakat Yogyakarta dan diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan angkutan umum yang lebih modern, nyaman serta terjangkau. Hadirnya Trans Jogja diharapkan dapat memberikan pilihan transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Komunitas merupakan sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain serta terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas karena adanya kesamaan interest atau values. Komunitas juga merupakan salah satu publik dari sebuah organisasi. Komunitas Bis Mania Community (BMC) Yogyakarta akan digunakan sebagai responden penelitian. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian survai yang berarti metode riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Seluruh populasi anggota BMC Yogyakarta merupakan pengguna Trans Jogja sehingga teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan mengambil seluruh anggota BMC Yogyakarta. Kegiatan pengumpulan data dilakukan di Terminal Jombor yang mana merupakan tempat anggota BMC Yogyakarta berkumpul untuk melakukan “kopdar” setiap minggunya. Citra Trans Jogja di Mata BMC Yogyakarta berada di posisi baik melalui proses hitung interval. Hasil uji beda yang diperoleh dari tiga hipotesis yang diajukan yaitu, pertama uji beda jenis kelamin menyatakan hipotesis nol (H0) diterima yaitu tidak ada beda mengenai citra Trans Jogja dilihat dari faktor jenis kelamin. Kedua, uji beda status sosial hipotesis nol (H0) diterima sehingga tidak ada beda mengenai citra Trans Jogja dilihat dari faktor status sosial. Ketiga, faktor tingkat pendidikan hipotesis nol (H0) ditolak sehingga menunjukkan ada beda citra mengenai Trans Jogja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra, Publik, Trans Jogja, Komunitas
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jan 2015 10:40
Last Modified: 13 Jan 2015 10:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item