REPRESENTASI STEREOTYOPEATAS KAUM MARGINAL DALAM IKLAN POLITIK KAMPANYE PEMILU PRESIDEN 2014 (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN POLITIK KAMPANYE PEMILU CALON PRESIDEN 2014 DI SURAT KABAR NASIONAL EDISI JUNI – JULI 2014)

Puspita Jati, Birgitta Bestari and Rahmitasari, Diyah Hayu REPRESENTASI STEREOTYOPEATAS KAUM MARGINAL DALAM IKLAN POLITIK KAMPANYE PEMILU PRESIDEN 2014 (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN POLITIK KAMPANYE PEMILU CALON PRESIDEN 2014 DI SURAT KABAR NASIONAL EDISI JUNI – JULI 2014). [Research]

[img] Text (Penelitian Ilmu Komunikasi)
Birgitta Bestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebagaimana pemilihan umum – pemilihan umum sebelumnya, pemilihan umum presiden yang digelar pada bulan 9 Juli 2014 silamjuga diwarnai oleh fenomena iklan politik. Iklan politik, terutama di media cetak, selalu menjadi andalan bagi para aktor politik untuk merebut perhatian dan kepercayaan pemilih. Sayangnya, usaha-usaha untuk menarik perhatian pemilih melalui iklan seringkalimenggunakan tanda-tanda yang sarat akanstereotype atas kaum marginal. Iklan politik menampilkan kaum marginal melalui teks,baik verbal maupun visual yang beraneka ragam, yang muaranya tak lebih dari pemuasaan atas narsisme politik calon yang bersangkutan.Dengan menggunakan pendekatan semiotik untuk menganalisis iklan-iklan politik di surat kabar nasional edisi 5 Juni – 5 Juli 2014, penelitian ini menunjukkan bukti bahwa kaum marginal masih direpresentasikan secara stereotipikal dalam iklan politik pemilu presiden 2014. Memang ada beberapa iklan yang tidak menampilkan stereotype atas kaum marginal, namun iklan - iklan politik yang stereotipikal masih tampak mendominasi. Iklan-iklan politik tersebut semakin melanggengkan stereotype yang ada di masyarakat sehingga membuat posisi kaum marginal justru kian termarginalkan.Konsekuensinya, ketika masyarakat berkomunikasi dengan atau tentang kaum marginal, mereka tidakbisamenghindari kecenderungan untuk tidak melakukan stereotyping karena mereka melihat representasi di media sebagai kenyataan yang sebenarnya.

Item Type: Research
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Feb 2015 07:53
Last Modified: 23 Mar 2015 07:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item