Nopriyanto, Lerry (2015) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PSIKOLOG TERHADAP KEPUASAN KOMUNIKASI KLIEN DALAM KONSELING (Studi Kasus di Unit Konsultasi Psikologi Universitas Gadjah Mada). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0KOM04063.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
1KOM04063.pdf Download (484kB) |
|
Text (Bab II)
2KOM04063.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text (Bab III)
3KOM04063.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text (Bab IV)
4KOM04063.pdf Download (954kB) |
Abstract
Komunikasi terapeutik merupakan interaksi bersama antara tenaga kesehatan dan pasien yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pasien dalam konteks interpersonal, salah satunya hubungan antara psikolog dengan kliennya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi interpersonal yang memiliki kualitas guna menciptakan hubungan interaksi yang bermakna jujur dan memuaskan melalui keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, yang dilakukan oleh psikolog dalam mencapai kepuasan komunikasi kliennya melalui tahapan konseling yang dilakukan di Unit Konsultasi Psikologi (UKP) Universitas Gadjah Mada (UGM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi interpersonal terhadap kepuasan komunikasi klien dalam konseling. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dan tahapan konseling yang dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan sebab akibat antar variabel-variabel terhadap suatu obyek penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey, dengan menyebarkan kuesioner kepada klien UKP UGM sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kualitas komunikasi interpersonal psikolog (X) terhadap kepuasan komunikasi klien dalam konseling (Y) yang cukup berarti dengan nilai korelasi r = 0,480. Sementara itu, setelah dikontrol oleh keterbukaan diri klien (Z), ada pengaruh kualitas komunikasi interpersonal psikolog yang dikontrol keterbukaan diri terhadap kepuasan komunikasi klien dalam konseling, namun melemah dengan nilai korelasi r = 0,432 yang konsisten berada dalam kategori hubungan cukup berarti. Penelitian ini membuktikan kebenaran hipotesis peneliti bahwa ada pengaruh kualitas komunikasi interpersonal psikolog terhadap kepuasan komunikasi klien dalam konseling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Kualitas Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Komunikasi, Keterbukaan Diri |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 07:55 |
Last Modified: | 07 Sep 2015 07:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7887 |
Actions (login required)
View Item |