RISET PASAR UNTUK USAHA BARU PRODUK PUPUK ORGANIK CAIR

MULYONO, BUDI (2015) RISET PASAR UNTUK USAHA BARU PRODUK PUPUK ORGANIK CAIR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI007596.pdf

Download (541kB)
[img] Text (Bab I)
TI107596.pdf

Download (134kB)
[img] Text (Bab II)
TI207596.pdf

Download (312kB)
[img] Text (Bab III)
TI307596.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (Bab IV)
TI407596.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (Bab V)
TI507596.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text (Bab VI)
TI607596.pdf

Download (238kB)

Abstract

Pupuk merupakan salah satu faktor pendukung produktivitas di sektor pertanian. Para petani sering menggunakan pupuk kimia maupun pupuk organik untuk meningkatkan produktivitasnya. Pupuk kimia memang terbukti meningkatkan produktivitasnya lebih cepat dibandingkan pupuk organik, tetapi pupuk kimia memberikan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Selain itu harga pupuk kimia juga semakin mahal dan sering terjadi kelangkaan. Maka dari itu pemerintah mencanangkan program-program pengembangan pertanian organik sebagai contoh menjadikan salah satu program kerja dari Departemen Pertanian pada tahun 2007 dan mendukung program Go Organik 2010 yang bertujuan memulihkan kesuburan tanah, meningkatkan produktivitas pertanian dan melestarikan lingkungan. Hal itu tentu saja membuka peluang besar untuk membuka usaha baru di bidang pertanian khususnya pupuk organik, melihat di Kabupaten Klaten memiliki 26 Kecamatan, 391 desa dan 10 kelurahan yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Petani di Kabupaten Klaten selama ini masih menggunakan pupuk organik padat. Padahal jika dilihat dari sisi efisiensinya pupuk organik cair lebih unggul dibandingkan pupuk organik padat. Masih terbukanya peluang akan usaha pupuk organik cair ini, mendorong dilakukannya kegiatan riset pasar untuk mengetahui besarnya potensi dan minat pasar tentang produk pupuk organik cair serta mendapatkan masukan terhadap usaha baru produk pupuk organik cair. Riset pasar diawali dengan identifikasi masalah, studi pustaka dan lapangan, dan brainstorming dengan pemilik usaha dan petani. Proses riset kemudian dilanjutkan dengan menetapkan target customer, menentukan hipotesis, dan pertanyaan dasar, mencari data sekunder yang dibutuhkan, menyusun pertanyaan lanjutan, memeriksa hipotesis, membuat daftar pesaing. Semua langkah yang dilakukan dan diperoleh dari kuesioner, sebagai data primer. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis bersama data sekunder untuk mendapatkan hasil sesuai tujuan penelitian. Hasil akhir penelitian ini adalah sebanyak 54% responden menyatakan ketertarikan terhadap produk pupuk organik cair. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa produk pupuk organik cair mempunyai potensi baik untuk berkembang di Kabupaten Klaten dengan cara dipasarkan melaui kelompok tani.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pupuk organik cair, riset pasar, kuesioner
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Dec 2015 11:17
Last Modified: 14 Dec 2015 11:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item View Item