HARTONO, VINCENTIA ADELINA (2015) OPTIMASI SISTEM DISTRIBUSI PADA DISTRIBUTOR SEPEDA DI PD. TRIJAYA SEMARANG. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TI006500.pdf Download (889kB) |
|
Text (Bab I)
TI106500.pdf Download (129kB) |
|
Text (Bab II)
TI206500.pdf Download (304kB) |
|
Text (Bab III)
TI306500.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text (Bab IV)
TI406500.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text (Bab V)
TI506500.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
|
Text (Bab VI)
TI606500.pdf Download (131kB) |
Abstract
Perusahaan dagang Trijaya merupakan distributor berbagai jenis sepeda dan spare part. PD. Trijaya memiliki 95 pelanggan yang terletak di beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Semarang, Pati, Pemalang, Kendal, dan Purwokerto. PD. Trijaya memiliki 3 armada untuk mendistirbusikan barang, yaitu 2 truk L300 dengan kapasitas 1190 kg dan 1 truk engkel dengan kapasitas 2550 kg. Pada saat melakukan pendistribusian barang perusahaan tidak memperhatikan beban angkut, yang penting hanya sekali jalan. Sistem pendistribusian seperti itu membuat pada saat pengiriman terkadang terjadi kelebihan beban angkut, sehingga perlu dilakukan pengoptimalan beban armada pada saat melakukan pendistribusian barang. Penyelesaian masalah ini dilakukan dengan membandingkan hasil dari metode route-first cluster-second dan metode cluster-first route-second. Pada metode route-first cluster-second yang pertama dilakukan adalah menyusun rute pengiriman menggunakan prinsip TSP dengan bantuan WINQSB. Setelah itu dilakukan pengelompokkan pengiriman berdasarkan kapasitas armada dan jarak tempuh. Pada metode cluster-first route-second yang pertama dilakukan adalah mengurutkan pelanggan dengan prinsip sweep algorithm, kemudian mengelompokkan toko berdasarkan kapasitas armada serta berdasarkan kapasitas armada dan jarak antar toko yang akan dikunjungi. Pembuatan rute pengiriman dibuat berdasarkan hasil pengelompokkan pengiriman, menggunakan LINGO 13. Hasil dari kedua metode tersebut dibandingkan berdasarkan biaya yang dikeluarkan dan waktu tempuh. Metode yang dapat diterapkan dalam permasalahan ini adalah metode cluster first route second, dengan pengelompokkan berdasarkan kapasitas armada dan jarak antar toko yang akan dikunjungi. Metode tersebut membuat waktu tempuhnya sedikit, karena jarak tempuh antar toko diperhatikan. Hal ini menyebabkan toko yang terletak pada wilayah yang berbeda tidak mengkin dikunjungi oleh 1 armada yang sama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | distribusi; Travelling Salesman Problem; route-first, cluster-second; cluster-first, route-second; sweep algorithm |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 11:39 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 11:39 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8531 |
Actions (login required)
View Item |