LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN STUDENT CENTERED LEARNING UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

YOSANDI, . (2015) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN STUDENT CENTERED LEARNING UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA13754.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
1TA13754.pdf

Download (371kB)
[img] Text (Bab II)
2TA13754.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3TA13754.pdf

Download (924kB)
[img] Text (Bab IV)
4TA13754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
5TA13754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab VI)
6TA13754.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bangunan Perpustakaan Student Centered Learning Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang berlokasi di jalan babarsari merupakan proyek Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang baru yang bertujuan untuk mewadahi proses belajar dan mencari informasi bagi seluruh mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Bangunan Perpustakaan yang sesuai dengan standar perpustakaan perguruan tinggi dan jumlah mahasiswa yang terus meningkat setiap tahun khususnya mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi latar belakang perwujudan proyek Perpustakaan Student Centered Learning Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Perpustakaan Student Centered Learning Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan Penekanan Tata Ruang Dalam yang Edukatif dan Interaktif melalui Pendekatan Architecture and Human Behaviour menjadi pemasalahan yang diselesaikan pada proyek dengan penambahan sumber pustaka, referensi, jam operasional perpustakaan, ketersediaan ruang perpustakaan untuk mahasiswa, dan penerapan Student Centered Learning. Student Centered Learning yang bertujuan dalam menunjang dan memfasilitasi kegiatan mahasiswa khususnya pemustaka melalui hal-hal yang disukai oleh setiap individu atau kelompok menggunakan sebuah ruang dengan sarana dan prasana yang ditawarkan oleh Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang baru. Penekanan tata ruang dalam yang edukatif dan interaktif diwujudkan melalui pengolahan elemen pembatas, pelengkap dan pengisi ruang yang mengarah pada kriteria ruang yang bersifat edukatif melalui, layanan yang mewadahi, kegiatan yang menunjang dan fasilitas yang mendukung dan bersifat interaktif melalui, ruang terorganisir, interaksi pengguna, penempatan dan penataan perabot. Penekanan Architecture and Human Behaviour diwujudkan melalui makna responsif, persepsi yang dipengaruhi oleh perilaku terhadap lingkungan dan makna representasi, ruang personal, teritorialitas, privasi yang dipengaruhi oleh lingkungan terhadap perilaku. Penekanan tata ruang dalam yang edukatif dan interaktif melalui pendekatan Architecture and Human Behaviour yang dipadukan dengan suprasegmen arsitektural menjadi penyelesaian dan kesimpulan dari perwujudan proyek Perpustakaan Student Centered Learning Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang menjawab rumusan permasalahan dalam mewadahi proses belajar dan kegiatan mencari informasi atau pengetahuan melalui perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang baru, bagi seluruh mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Student Centered Learning, Tata Ruang Dalam, Edukatif, Interaktif, Architecture and Human Behaviour
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2016 12:05
Last Modified: 09 Feb 2016 12:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8733

Actions (login required)

View Item View Item