Santoso, Vincent (2015) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN YOUTH CREATIVE CENTER DI YOGYAKARTA. . pp. 1-16.
Text
JURNALTA13991.pdf Download (2MB) |
Abstract
Seperti yang kita ketahui di negara yang tingkat perekonomian maju ditjunjang oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Di era zaman sekarang pendidikan informal sudah mendapatkan perhatian yang lebih karena mampu memberikan peranan yang cukup besar dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas untuk mampu bersaing di dalam era globalisasi ini. Kota Yogyakarta yang sering dikenal sebagai kota seni, budaya dan pendidikan kurang memiliki fasilitas dan tempat yang mendukung anak-anak dan remaja untuk belajar dan berkembang dalam bidang industri kreatif. Kota Yogyakarta diharapkan mampu mengembangkan industri kreatif menjadi kekuatan ekonomi baru karena tidak bisa dipungkiri perlu adanya fasilitas-fasilitas dan lingkungan yang mendukung suasana belajar dan mengajar yang kondusif agar mampu mengembangkan potensi-potensi secara maksimal. Oleh karena itu perlu adanya bangunan Youth Creative Center di Yogyakarta yang terdapat tiga bidang mayor dalam proses belajar mengajarnya yaitu art & culture, design dan media & communication yang mempunyai bagian besar dalam dunia kerja. Youth Creative Center di Yogyakarta dapat meningkatkan kreativitas dengan tatanan tata ruang luar dan tata ruang dalam yangmemberi pengaruh bagi inderawi pengguna melalui pendekatan Psikologi Arsitektur untuk tetap berkreasi dan mendorong industri kreatif Yogyakarta.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Industri Kreatif, Anak-anak dan Remaja, Psikologi Arsitektur, Kreativitas, Tata Ruang Luar dan Tata Ruang Dalam. |
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Feb 2016 11:03 |
Last Modified: | 12 Feb 2016 11:03 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8769 |
Actions (login required)
View Item |