Pengaruh Kredibilitas Media Sosial Terhadap Tingkat Loyalitas Konsumen (Analisis Jalur Pengaruh Kredibilitas Akun Instagram TakoFeitoDeMao Terhadap Tingkat Loyalitas Konsumen)

MEME, ANTONIA (2015) Pengaruh Kredibilitas Media Sosial Terhadap Tingkat Loyalitas Konsumen (Analisis Jalur Pengaruh Kredibilitas Akun Instagram TakoFeitoDeMao Terhadap Tingkat Loyalitas Konsumen). . pp. 1-15.

[img] Text
JURNALKOM04404.pdf

Download (870kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas akun instagram Takofeitodemao terhadap tingkat loyalitas konsumen. Melalui aspek-aspek kredibilitas akun instagram (expertise, trustworthiness, atractiveness) dapat membangun pengalaman positif konsumen (customer experience) terhadap Takofeitodemao yang bertujuan untuk menaikkan penjualan. Pada saat konsumen telah melakukan pembelian produk Takofeitodemao akan mengarah pada kepuasaan konsumen. Kepuasaan konsumen akhirnya berdampak pada loyalitas konsumen. Teori yang digunakan untuk melihat pengaruh antar variabel dalam penelitian ini adalah source credibility theory, customer experience, brand satisfaction, dan brand loyalty. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik probability sampling yang memberikan peluang yang sama bagi responden. Populasinya adalah jumlah followers account instagram Takofeitodemao sebanyak 17.400 sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 391 responden. Teknik analisa data menggunakan path analysis yang bertujuan menjelaskan hubungan kausal antara dua variabel atau lebih. Sehingga dapat diketahui hubungan variabel yang signifikan dan tidak signifikan. Hasil penelitian menghasilkan model akhir dimana terdapat dua hubungan variabel yang tidak signifikan, yaitu: variabel kredibilitas akun instagram Takofeitodemao terhadap variabel brand satisfaction dan variabel customer experience terhadap variabel tingkat loyalitas konsumen. Berdasarkan pengujian model dihasilkan bahwa model akhir tidak lebih dari hipotesis model untuk menjadi model fit. Hasil dari total effect dihasilkan bahwa untuk membentuk loyalitas konsumen diperlukan peningkatan faktor kredibilitas akun instagram, customer experience, dan brand satisfaction. Dapat disimpulkan, ada pengaruh kredibilitas akun instagram Takofeitodemao terhadap tingkat loyalitas konsumen yang dapat digambarkan melalui hubungan tidak langsung (indirect effect) melalui faktor pendukung yaitu customer experience dan brand satisfaction. Konstribusi terbesar dalam jalur hubungan penelitian adalah dari variabel customer experience terhadap terbentuknya variabel brand satisfaction sebesar 0.519 sehingga customer experience dan brand satisfaction merupakan faktor penting dalam jalur hubungan antar variabel penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Customer Experience, Brand satisfaction, Brand Loyalty
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Feb 2016 11:16
Last Modified: 18 Feb 2016 11:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8816

Actions (login required)

View Item View Item