PEMBANGUNAN E-CRM UNTUK MENDUKUNG STRATEGI BISNIS DI SOLONET INTERNET SERVICE PROVIDER

ARI UTOMO, WIDYO (2016) PEMBANGUNAN E-CRM UNTUK MENDUKUNG STRATEGI BISNIS DI SOLONET INTERNET SERVICE PROVIDER. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF01530.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1MTF01530.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF01530.pdf

Download (418kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF01530.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF01530.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (Bab V)
5MTF01530.pdf

Download (7MB)

Abstract

SoloNet adalah sebuah perusahaan jasa penyedia akses internet (Internet Service Provider) di kota Solo yang memiliki pelanggan yang tersebar di kota-kota besar di propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. SoloNet merasakan iklim persaingan antar perusahaan jasa layanan internet saat ini semakin kuat dan semakin tergantung pada mekanisme perusahaan dalam memberikan layanan purna jual atas jasa yang diberikan serta bagaimana perusahaan dapat membuka hubungan langsung dengan pelanggannya. Untuk itu diperlukan suatu strategi bisnis yang baik. Pendekatan strategis yang dipilih untuk memecahkan permasalahan ini adalah melalui CRM (Customer Relationship Management). CRM sebagai salah satu strategi bisnis masa kini digunakan untuk memperkuat posisi perusahaan di mata para pelanggan dan kompetitornya. Untuk mewujudkan strategi tersebut maka dilakukan analisa terhadap seberapa penting penerapan e-CRM (Electronic Customer Relationship Management) di SoloNet, kebutuhan fungsionalitas apa saja yang diperlukan dalam membangun e-CRM di SoloNet dan membangun aplikasi e-CRM. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan analisis strategi portofolio IS/IT. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi e-CRM menggunakan waterfall Model. Dari hasil analisa yang dilaksanakan menyimpulkan bahwa e-CRM merupakan pilihan utama dalam mendukung strategi bisnis di SoloNet. Fungsifungsi yang diperlukan E-CRM di SoloNet adalah Call Center, Customer Service Online,Sales Online, Knowledge Management, Online Marketing,Form Mail,Trouble ticket, Networking tools, Billing Info, Newsletter, Join Us, Customer Profiling, Error Report, Mail Report, Most Popular Product. Dari kebutuhan tersebut kemudian dilakukan pembuatan aplikasi e-CRM untuk SoloNet Internet Service Provider. Dengan sistem ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja CRM di SoloNet dan dapat member kontribusi yang positif untuk mencapai strategi bisnisnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CRM, e-CRM, Strategi Bisnis, Teknologi Informasi, SoloNet Internet Service Provider.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Mar 2016 10:06
Last Modified: 14 Mar 2016 10:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item