ANALISIS TEKNIS STANDAR PELAYANAN GEDUNG TERMINAL BANDARA DR. F.L. TOBING KABUPATEN TAPANULI TENGAH

., HASRIN (2016) ANALISIS TEKNIS STANDAR PELAYANAN GEDUNG TERMINAL BANDARA DR. F.L. TOBING KABUPATEN TAPANULI TENGAH. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTS02070.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
1MTS02070.pdf

Download (293kB)
[img] Text (Bab II)
2MTS02070.pdf

Download (440kB)
[img] Text (Bab III)
3MTS02070.pdf

Download (633kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTS02070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (Bab V)
5MTS02070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6MTS02070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bandar udara Dr. F.L. Tobing yang saat ini sebagai salah satu bandar udara alternatif untuk kedepannya akan dihadapkan dengan peluang yang akan menantang kinerja pelayanannya, yaitu dengan semakin meningkatnya mobilitas masyarakat sebagai akibat dari peningkatan aktivitas dengan tata guna lahan yang bervariasi. Akankah prasarana dan sarana infrastruktur bandar udara Dr. F.L. Tobing mampu memberikan kualitas pelayanan yang memadai kepada penggunanya pada kondisi eksisting dan kualitas pelayanan seperti apa yang harus diberikan pada pengguna jasa bandar udara Dr. F.L. Tobing. Pada penelitian ini, informasi dari penumpang pengguna jasa angkutan udara diperoleh dengan kuesioner. Penilaian responden atas pelayanan yang diberikan Gedung Terminal Bandar udara dikelompokan menggunakan skala Likert. Pengumpulan data persyaratan teknis pengoperasian fasilitas gedung terminal dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan dan meminta data teknis fasilitas gedung terminal kemudian menghitung persyaratan teknisnya berdasarkan standar teknis dari Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Nomor : SKEP / 77 / VI / 2005. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS 20 dengan jumlah responden sebanyak 65 orang dan nilai r tabel dicari pada tingkat signifikansi 0,10 dengan uji 2 arah maka didapat nilai r tabel = 0,2058. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan untuk variabel kualitas pelayanan nilai korelasinya lebih besar dari 0,2058 sehingga dianggap valid. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan untuk variabel kualitas pelayanan nilai korelasinya lebih besar dari 0,2058 sehingga dianggap valid. Faktor yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan adalah indikator Petugas dan yang menjadi prioritas kedua adalah Fasilitas Dan Kenyamanan Gedung Terminal, dimana indikator tersebut mempunyai nilai kepentingan yang tinggi menurut penilaian penumpang pesawat dan merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola bandar udara. Hasil pengukuran menyatakan bahwa Gedung Terminal Bandar Udara DR. F.L. Tobing telah memenuhi persyaratan teknis pengoperasian fasilitas Gedung Terminal bandar udara berdasarkan standar teknis dari Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Nomor : SKEP/77/VI/2005. Peningkatkan kinerja pelayanan dengan menyediakan fasilitas yang belum ada dan memperbanyak fasilitas umum yang sudah ada serta meningkatkan kualitas pelayanan adalah hal yang harus diperhatikan untuk kepuasan pengguna Gedung Terminal Bandar Udara DR. F.L. Tobing Tapanuli Tengah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepentingan, kepuasan, Gedung Terminal Bandar Udara DR. F.L. Tobing, kualitas pelayanan, SPSS
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Mar 2016 11:07
Last Modified: 22 Mar 2016 11:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8953

Actions (login required)

View Item View Item