ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) DI NIMCO INDONESIA

Pujima Eli Chandra Purba, Rido (2015) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) DI NIMCO INDONESIA. . pp. 1-15.

[img] Text
JURNALEM19316.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia fesyen di Indonesia semakin berkembang mengingat keseriusan pemerintah untuk menggalakkan ekonomi kreatif yang semakin tinggi. Salah satu industri yang bergerak di bidang fesyen saat ini yaitu industri clothing atau yang lebih dikenal dengan distro. Nimco Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri tersebut. Banyaknya clothing company saat ini menyebabkan tingkat persaingan yang sangat tinggi dalam industri tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang tepat dan mendapatkan urutan prioritas strategi pemasaran bagi Nimco Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix dengan melakukan evaluasi pilihan alternatif secara objektif, menetapkan daya tarik, lalu memutuskan strategi yang terbaik. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu input stage dengan matriks IFE dan EFE, dilanjutkan matching stage yaitu matriks IE. Tahap terakhir yaitu decision stage dengan metode QSPM. Hasil penelitian memberi sepuluh alternatif strategi dengan tiga prioritas strategi tertinggi yaitu meningkatkan kualitas produk, mengembangkan varian dan desain produk, dan membuat strategi harga pasar dalam menghadapi persaingan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fesyen, manajemen strategi, Quantitative Strategic Planning Matrix
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Mar 2016 09:16
Last Modified: 30 Mar 2016 09:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item View Item